Follow Us

Menilik Sebab Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), Meditasi Bisa Jadi Salah Satu Cara Mengatasinya

None, Puspita Rahayu - Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:00
Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
iStockphoto

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Gridhype.id- Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental pada manusia, salah satunya adalah trauma.

Sebagaimana diketahui bahwa trauma adalah kondisi yang terjad imbas perasaan yang telah terjadi sebelumnya.

Pada tingkat keparahan tertentu, trauma tentu sangat merugikan bagi para penderitanya.

Peristiwa traumatis dapat memicu timbulnya berbagai gangguan mental. Paparan peristiwa traumatis umumnya dihubungkan dengan post-traumatic stress disorder (PTSD).

Dikutip dari Psychiatry , PTSD merupakan gangguan kejiwaan yang dapat terjadi pada orang yang pernah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatik seperti bencana alam, kecelakaan, terorisme, pelecehan seksual, kekerasan, bullying, dan sebagainya.

Namun, tidak semua trauma dapat dikatakan PTSD. Dalam anyaman jiwa bertajuk Kenali Penyebab PTSD dengan tautan dik.si/AnyJiwPTSD, dijelaskan indikator gangguan PTSD oleh Prita Yulia Maharani M.Psi, Psikolog Klinis Riliv.

Apa Itu Post-Traumatoc Stress Disorder (PTSD)?

PTSD merupakan gangguan mental yang muncul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa yang bersifat traumatis atau tidak menyenangkan.

Dikutip dari Medical News Today, PTSD diperkirakan memengaruhi tujuh hingga delapan persen populasi dunia. Namun, perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding laki-laki. Hal ini disebabkan karena banyaknya perempuan yang jadi korban pelecehan seksual hingga menyebabkan trauma.

Baca Juga: Faktor Keturunan Bisa Jadi Penyebabnya, Inilah 4 Hal Seseorang Berisiko Tinggi Alami Depresi

Ada pun gejala penderita PTSD diikuti rasa cemas yang berlebihan dan ingatan berulang mengenai trauma yang dirasakan. Dikutip dari PsychCentral, PTSD juga dapat menyebabkan berbagai efek fisiologis, seperti penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh hingga memicu penyakit kronis, seperti jantung atau diabetes.

Source : Kompas.com

Editor : Puspita Rahayu

Baca Lainnya

Latest