Follow Us

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Begini Sejarah dan Misteri Pita Hijau sebagai Bentuk Kesadaran Mental

Puspita Rahayu - Senin, 10 Oktober 2022 | 14:30
(ilustrasi) Cara Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia
Pixabay

(ilustrasi) Cara Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Gridhype.id- Hari Kesehatan Mental Dunia diperingati setiap tahun pada 10 Oktober.

Hari Kesehatan Mental Dunia memang berkaitan erat dengan kondisi psikis yang tentunya harus mendapat perhatian khusus.

Tahun ini, Hari Kesehatan Mental Dunia diperingati dengan mengusung tema Jadikan Kesehatan Mental untuk Semua sebagai Prioritas Global.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia tak lain bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan mental.

Pasalnya, kini marak berbagai kasus yang terjadi dengan latar belakangan gangguan mental.

Dilansir dari kompas.tv, catatan World Health Organization (WHO), hampir satu dari tujuh remaja berusia 10 hingga 19 tahun hidup dengan beberapa bentuk kondisi kesehatan mental.

Bahkan, bunuh diri menjadi penyebab kematian paling umum kelima dalam kelompok usia ini, sementara 45.800 meninggal setiap tahun, satu setiap 11 menit.

Dengan demikian, perhatian terhadap kesehatan mental sangat perlu untuk ditingkatkan guna menekan potensi perbuatan buruk yang ada.

“Kita harus memperdalam nilai dan komitmen yang kita berikan untuk kesehatan mental sebagai individu, komunitas, dan pemerintah dan mencocokkan nilai itu dengan lebih banyak komitmen, keterlibatan, dan investasi oleh semua pemangku kepentingan, di semua sektor," ujar WHO dalam kampanyenya.

Dalam sejarahnya, Hari Kesehatan Mental Dunia dicetuskan oleh WFMH pada tahun 1992 yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Kala itu, perayaan dilakukan dengan menayangkan siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan mental.

Source : Kompas.tv, Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest