Follow Us

Kabar Gembira Jelang Lebaran 2021, Ada 6 Bansos 2021 yang Dipercepat Cair di Awal Mei, Apa Saja?

Dwi Purworahayu - Kamis, 29 April 2021 | 18:30
ilustrasi, Bansos Mei Juni 2021 dirapel
Tribunnews.com

ilustrasi, Bansos Mei Juni 2021 dirapel

GridHype.ID - Kementerian Sosial RI telah meluncurkan New Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Melansir kompas.com, New DTKS ini sudah dipadankan dengan NIK yang dikelola Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Publik terbuka luas untuk memantau data penerima bansos PKH, BPNT, BST yang berakhir April. Artinya, bisa cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id.

Selain untuk mengecek data, Risma menjelaskan, di dalam New DTKS, seseorang yang berhak maka akan difasilitasi mengusulkan dirinya untuk menerima bantuan.

Baca Juga: Kamu Termasuk Penerima Bansos PKH? Jangan Kaget Saldo ATM Jadi Bertambah, Dana Bansos PKH Rupanya Cair Bulan April 2021

Sementara itu, mengutip tribunnews.com, Kementerian Sosial (Kemensos) bakal mempercepat pencairan bansos 2021 pada awal Mei 2021 atau sebelum Lebaran 2021.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam acara virtual yang digelar oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada 20 April 2021.

"Dari Kementerian Sosial sudah ada koordinasi untuk mempercepat penyaluran bantuan-bantuan sosial itu (bansos) pada awal Mei sehingga pada saat Lebaran, mereka yang kurang beruntung sudah bisa menikmati bantuan sosial tersebut," kata Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Sampai April 2021, Buruan Cek Nama Kamu di Laman cekbansos.kemensos.go.id, Begini Cara Mencairkan Dananya

Muhadjir Effendy menambahkan pencairan bansos 2021 akan dirapel (didobel) untuk bulan Mei dan Juni 2021.

Dengan harapan masyarakat bisa menggunakannya untuk belanja jelang Lebaran dan mendorong daya beli serta konsumsi.

"Mei Juni akan diberikan sekaligus sehingga bisa digunakan untuk belanja untuk bisa merayakan Lebaran," ujar Muhadjir.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com, GridFame.ID

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest