Follow Us

Sebut Tengah Berada dalam Permainan Kucing dan Tikus saat Melawan Covid-19, Afrika Selatan Cari Vaksin Paling Efektif untuk Perangi Virus Varian Baru

Dwi Purworahayu - Rabu, 24 Februari 2021 | 06:00
Ilustrasi virus Covid-19
Freepik

Ilustrasi virus Covid-19

GridHype.ID - Vaksinasi covid-19 menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus corona (covid-19) di dunia.

Banyak vaksin yang dikembangkan di berbagai negara salah satunya vaksin covid-19 AstraZeneca.

Pengiriman pertama vaksin Covid-19 AstraZeneca ini telah tiba di Afrika Selatan.

Melansir NBCNews.com, Presiden Cyril Ramaphosa memuji pengiriman tersebut sebagai cara untuk 'membalikkan keadaan' melawan virus.

Baca Juga: Kondisi Anak-anaknya Membaik, Anang Hermansyah Harus Telan Pil Pahit Saat Kabarkan Kondisi Ashanty yang Makin Drop

Tetapi pertumbuhan varian virus corona yang berbahaya telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia bahwa strain mutan berpotensi membuat generasi vaksin saat ini tidak efektif.

“Apa yang akan kita lihat adalah permainan kucing-dan-tikus antara perubahan virus dan kemudian produsen vaksin harus segera mengganti vaksin mereka,” kata Devi Sridhar, profesor kesehatan masyarakat global di Universitas Edinburgh.

“Jadi pelajarannya adalah kita perlu menjaga jumlahnya tetap rendah sehingga kita tidak melihat semakin banyak varian yang muncul, yang membuat lebih sulit untuk melakukan vaksinasi.”

Baca Juga: 64% Penerima Vaksin Covid-19 Alami Gejala Stres dan Muntah-muntah, ini Kata Komnas KIPI Soal Efek dari Vaksinasi

Tanda-tanda masalah pertama datang pada bulan Oktober, ketika dokter melihat peningkatan jumlah kasus yang mengkhawatirkan, khususnya di sekitar Teluk Nelson Mandela, Afrika Selatan.

Dalam lima minggu, para ilmuwan telah mengidentifikasi varian dengan mutasi yang mengganggu lonjakan protein, di mana bagian dari virus yang memungkinkannya memasuki sel manusia.

Source : NBCNews.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest