Follow Us

Mantan Menkes Terawan Kembangkan Vaksin Covid-19 Baru dan Klaim Aman Untuk Semua Golongan, Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Sebut Vaksin Nusantara Tak Punya Data Ilmiah yang Mendukung

Dwi Purworahayu - Senin, 22 Februari 2021 | 05:45
Mantan Menkes Terawan Klaim Vaksin Rintisannya Aman Untuk Semua Golongan, Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Sebut Vaksin Nusantara Tak Punya Data Ilmiah yang Mendukung
Reuters

Mantan Menkes Terawan Klaim Vaksin Rintisannya Aman Untuk Semua Golongan, Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Sebut Vaksin Nusantara Tak Punya Data Ilmiah yang Mendukung

GridHype.ID - Selain vaksin Merah Putih, saat ini Indonesia juga diketahui tengah mengembangkan vaksin yang disebut dengan Vaksin Nusantara.

Nama mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun disebut sebagai pengembang vaksin Nusantara.

Melansir dari tribunnews.com, vaksin yang diprakarsai oleh mantan Menkes Terawan itu hasil dari kerjasama beberapa pihak.

Baca Juga: Sempat Jadi Pro Kontra, Presiden Joko Widodo Umumkan Vaksinasi di Bulan Ramadhan Dilakukan Pada Malam Hari

Vaksin yang juga dikenal dengan nama AV-Covid-19 tersebut dikembangkan melalui kerja sama antara Kemenkes, RSUP dr Kariadi Semarang, dan Universitas Diponegoro (Undip).

Kini, vaksin tersebut telah melalui uji klinis tahap pertama dan tengah memasuki uji klinis tahap kedua.

Terawan menyebut bahwa Vaksin Nusantara merupakan vaksin yang menggunakan pendekatan dendritik.

Baca Juga: Dicecar Media karena Aksi Tutup Mulutnya Soal Penanganan Virus Corona, Mantan Menkes Terawan Lakukan Gebrakan Lewat Vaksin Nusantara

Selain itu, Terawan juga mengklaim bahwa Vaksin Nusantara merupakan solusi bagi pasien komorbid atau memiliki penyakit penyerta.

Vaksin tersebut juga disebut aman untuk semua golongan, termasuk bagi anak-anak di mana hal tersebut menjadi kelebihan dari vaksin Sinovac yang belum memiliki data untuk digunakan kepada anak-anak.

Mengutip dari kompas.com, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban memberi apresiasi atas inovasi baru dalam memecahkan masalah pandemi virus corona di Indonesia.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest