Follow Us

Tak Langsung Kebal Covid-19, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksin, Wamenkes Beri Penjelasan

Helna Estalansa - Kamis, 25 Maret 2021 | 21:00
Ilustrasi vaksin covid-19
freepik

Ilustrasi vaksin covid-19

GridHype.ID - Saat ini pemerintah tengah berupaya menekan angka kasus pasien terinfeksi Covid-19 dengan melakukan program vaksinasi.

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sendiri sudah dilakukan sejak 13 Januari 2021 lalu.

Kini, program vaksinasi sudah memasuki tahap kedua yang menyasar pada petugas pelayanan publik dan para lanjut usia (lansia di atas 60 tahun).

Karena sudah mulai banyak yang menerima vaksin Covid-19, pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Waspada, Jangan Sembarangan Unggah Sertifikat Vaksinasi Covid-19 ke Media Sosial, Satgas: Tersebarnya Data Pribadi Dapat Membawa Risiko

Pasalnya, tak sedikit yang mengira ketika sudah divaksin, mereka lantas abai terhadap protokol kesehatan.

Karena itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Harbuwono meminta masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Ia menyebutkan, vaksinasi tak membuat seseorang seketika kebal terhadap virus.

"Bagi yang sudah divaksinasi jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol 3M karena ini sangat penting sekali," kata Dante saat menerima kedatangan vaksin Covid-19 tahap ketujuh di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Kabar Baik, Mulai Bulan Depan Masjid Bisa Dipakai Menjadi Lokasi Vaksinasi Covid-19, Jusuf Kalla: Tempat yang Paling Strategis

"Bukan berarti vaksinasi ini akan membuat orang kebal sama sekali, tetapi butuh waktu untuk proses imun itu terbentuk di dalam tubuh," tuturnya.

Protokol kesehatan 3M yang dimaksud Dante yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Source : Kompas.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest