Follow Us

Kabar Gembira, Disebut 96 Persen Efektif Cegah Covid-19, Novavax Jadi Salah Satu Merek Vaksin yang Bakal Digunakan Vaksinasi Gotong Royong

Helna Estalansa - Sabtu, 13 Maret 2021 | 14:15
Ilustrasi Vaksin Covid-19
freepik.com

Ilustrasi Vaksin Covid-19

GridHype.ID - Belum lama ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah meresmikan aturan terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi perusahaan swasta.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 merupakan perubahan atas Permenkes Nomor 84 Tahun 2020.

Dalam Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 disebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan diikuti sejumlah perusahaan swasta ini dinamakan vaksinasi gotong royong.

Baca Juga: Dihadiri Didik Nini Thowok dan Butet Kartaredjasa, Vaksinasi Covid-19 Akhirnya Dibagikan untuk Pekerja Seni di Tanah Air

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pendanaan vaksinasi gotong royong dibebankan kepada perusahaan yang mengikuti vaksinasi.

Sehingga vaksinasi gotong royong nantinya akan diberikan secara gratis kepada karyawan dan keluarganya.

"Seluruh penerima vaksin gotong-royong tidak akan dipungut biaya apa pun atau dalam hal ini tidak perlu ada pembayaran dan diberikan secara gratis oleh perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong-royong," kata Nadia dalam konferensi pers, Jumat (26/2/2021).

Nadia juga mengatakan bahwa vaksinasi gotong royong tidak akan menganggu program vaksinasi yang saat ini tengah dilakukan pemerintah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 8 Hal yang akan Terjadi pada Tubuhmu Usai Terima Vaksinasi Covid-19, Apa Saja?

Sementara itu, kini beredar kabar bahwa vaksin yang diproduksi Novavax bakal jadi salah satu kandidat yang akan digunakan vaksinasi mandiri atau Vaksinasi Gotong Royong.

Source : Kompas.com, GridHype.ID, covid19.go.id

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest