Dihadiri Didik Nini Thowok dan Butet Kartaredjasa, Vaksinasi Covid-19 Akhirnya Dibagikan untuk Pekerja Seni di Tanah Air

Sabtu, 13 Maret 2021 | 07:30
Freepik

Ilustrasi vaksin Covid-19

GridHype.ID - Saat ini, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia tengah memasuki tahap kedua.

Kali ini, vaksinasi Covid-19 tahap kedua ditujukan untuk masyarakat lansia alias lanjut usia (di atas 60 tahun) dan pekerja publik.

Melansir dari Kompas.com, vaksinasi ini ditargetkan menyasar 38.513.446 orang yang diharapkan rampung divaksinasi pada Mei 2021 mendatang.

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini sudah dimulai pada 17 Februari 2021 lalu, yang menyasar para pedagang pasar di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Baca Juga: Kebagian Vaksinasi Covid-19 Pertama Malah Bikin Raffi Ahmad Masuk ke Jurang Masalah, Suami Nagita Slavina Kembali Mangkir Dalam Sidang

Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini akan dilakukan secara bertahap di tujuh provinsi di Jawa-Bali.

Sementara itu, dikutip dari Tribunnnews.com, vaksinasi Covid-19 massal bagi budayawan dan seniman telah berlangsung di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (10/3/2021).

Vaksinasi Covid-19 tersebut dihadiri oleh berbagai seniman yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Dongkrak Aktivitas Perekonomian Negara, China Luncurkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Digital untuk Perjalanan Lintas Batas

Beberapa seniman senior pun juga turut mengikuti vaksinasi Covid-19, diantaranya seniman Didik Nini Thowok, dan Butet Kartaredjasa.

Ketua Yayasan PSBK Butet Kartaredjasa mengatakan bahwa menyelamatkan kehidupan itu adalah dengan patuh pada protokol kesehatan dan berani mau divaksin.

Butet Kartaredjasa berpesan kepada seniman yang ada di Tanah Air untuk ikut divaksinasi sehingga bisa bersama-sama saling menjaga.

Baca Juga: Pemerintah Kucurkan Berbagai Bantuan Bagi Terdampak Pandemi Covid-19, Mensos Minta Masyarakat Patuhi Prokes dan Program Vaksinasi Agar Bansos Tak Sia-Sia

Seniman tari Didik Nini Thowok juga mengungkapkan harapannya pada program vaksinasi Covid-19 bagi seniman.

“Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia kita sama sama melakukan vaksin.

Supaya kita sehat terhindar dari virus dan kita bisa melakukan kegiatan sehingga aktivitas maupun situasi ekonomi di negara kita kembali seperti semula,” kata Didik Nini Thowok seperti dikutip dari keterangan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Kemenkes Bagikan 6 Tips Untuk Calon Penerima Vaksin, Berikut Daftar Makanan yang Bisa Kurangi Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Jubir Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah berkomitmen mendukung para pekerja seni untuk tetap bisa berkarya dan bisa mengharumkan seni di Indonesia.

"Vaksinasi yang dilakukan ini sedikit bisa mengendalikan pandemi Covid-19," kata Siti Nadia Tarmizi.

Melalui vaksinasi para seniman, pekerja seni semuanya bisa terlindungi dari virus corona.

Baca Juga: Sebanyak 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia, Simak Tahapan dan Jadwal Vaksinasi yang Dilakukan Pemerintah

Vaksinasi ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada penggiat pariwisata di DIY khususnya para pekerja seni.

Sementara itu, Presiden Jokowi diketahui meninjau langsung dan mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dampak pandemi ini juga turut dirasakan para seniman dan budayawan di Yogyakarta, pasalnya kegiatan seni dan budaya terhenti selama pandemi ini.

Baca Juga: Guna Percepat Vaksinasi, Indonesia Jadi yang Pertama di Asia Tenggara dalam Penyedia Pusat Vaksinasi Covid-19 dengan Cara Drive Thru

“Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar.

Kita tahu ini keadaan yang tidak mudah, keadaan yang tidak gampang bagi para pekerja seni.

Tetapi kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya meskipun dalam masa pandemi” kata Presiden Jokowi.

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya