Kemenkes Bagikan 6 Tips Untuk Calon Penerima Vaksin, Berikut Daftar Makanan yang Bisa Kurangi Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Selasa, 09 Maret 2021 | 20:45
freepik

Vaksinasi Covid-19 untuk penderita komorbid.

GridHype.ID - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung.

Lewat program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara nasional diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Kementerian Kesehatan melalaui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengandalian Penyakit, Muhammad Budi Hidayat membagikan sejumlah tips sebelum menjalani vaksin Covid-19.

Baca Juga: Sebanyak 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia, Simak Tahapan dan Jadwal Vaksinasi yang Dilakukan Pemerintah

Dilansir dari Kompas.com, tips ini merupakan panduan umum bagi masyarakat yang akan menjalani vaksinasi Covid-19.

"Pertama, prinsipnya, kita pastikan dulu kondisi badan. Artinya kita pastikan tubuh dalam kondisi sehat," ujar Budi saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (27/2/2021).

Kedua, harus dipastikan tidak dalam kondisi mengantuk atau kelelahan.

Baca Juga: Mengapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan pada Lengan Bagian Atas? Begini Penjelasannya

Ketiga, sebelum divaksinasi sebaiknya sarapan terlebih dulu.

"Keempat, hindari juga kondisi stress agar tidak memicu maag atau gejala-gejalanya," lanjut Budi.

Kelima, apabila jadwal kerja padat dan mengharuskan begadang, maka sebelum disuntik vaksin harus tidur terlebih dulu.

Baca Juga: Digadang-gadang Mampu Tangkal Varian Inggris B.1.1.7, Kini Bisakah Vaksin Sinovac Efektof Tangkal Varian Brasil?

Keenam, bagi perusahaan, Budi mengimbau agar memperhatikan jadwal kerja dan kondisi kesehatan karyawan sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Jadi perusahaan harus memperhatikan kondisi karyawan sebelum jadwal penyuntikan. Jangan sampai kelelahan atau kondisi menurun sebab jadi berpotensi risiko untuk kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut Budi juga mengingatkan apabila tubuh sedang dalam kondisi tidak flu biasa, maka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tetap harus ditunda.

Baca Juga: Ditemukan Pasien Positif Covid-19 Mutasi dari Inggris B.1.1.7 di Indonesia, Bisakah Vaksin Sinovac Tangkal Varian Baru Virus Corona Ini?

Alasannya, tubuh sedang dalam kondisi tidak fit akibat virus influenza.

"Padahal untuk vaksinasi Covid-19, kita memerlukan tubuh yang fit sehingga antibodi bisa melawan virus," katanya.

"Apabila tubuh sedang drop, lalu bagaimana antibodi akan terbentuk untuk melawan virus ?," tambahnya.

Baca Juga: 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac Kembali Tiba di Indonesia, Manakah Penawar Virus Corona Terbaik yang Beredar di Dunia?

Selain itu untuk makanan yang akan dikonsumsi penerima vaksin setelah vaksinasi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Kontan.co.id, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan calon penerima vaksin untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi.

Pasalnya asupan cairan sangat penting untuk meringankan efek samping setelah vaksin Covid-19.

Baca Juga: Banyak yang Menolak Divaksinasi dengan Sinovac, China Kembali Luncurkan Penawar Virus Corona, Vaksin CanSino Sekali Suntik Miliki Efikasi 95,47 Persen

Selain itu, mengonsumsi makanan anti inflamasi yang dapat menghidrasi tubuh setelah mendapat vaksin Covid-19.

Jika penerima vaksin merasa tidak enak badan usai mendapatkan vaksin Covid-19, sup kaldu seperti mie ayam atau sup kaldu tulang sangat bagus untuk tubuh.

Apalagi makanan yang mengandung sayuran seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, dan brokoli.

Baca Juga: Kharismanya Seakan Tak Lekang Oleh Waktu, Netizen Heran Penjelasan Ariel NOAH Soal Vaksin Justru Lebih Masuk Akal Hingga Dicolek Akun Resmi Kawal Covid-19

Jenis sayuran tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Terlebih dengan mengonsumsi sup ayam.

Komponen yang ada di dalam sup ayam termasuk ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica juga membantu melawan peradangan.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Kontan.co.id

Baca Lainnya