Follow Us

Dapat Cegah Covid-19, Vaksin Novavax 96% Efektif Lawan Virus Corona Asli dan 86% untuk Varian Inggris dalam Uji Coba Tahap Akhir

Dwi Purworahayu - Senin, 15 Maret 2021 | 20:30
Vaksin Novavax lebih efektif ketimbang Sinovac
Livemint

Vaksin Novavax lebih efektif ketimbang Sinovac

GridHype.ID - Vaksin covid-19 Novavax telah memasuki uji coba tahap akhir yang dilakukan Inggris.

Melansir dari reuters.com, vaksin Novavax disebut hampir 100 persen efektif dalam mencegah kasus yang disebabkan covid-19.

"Vaksin COVID-19 Novavax Inc 96% efektif dalam mencegah kasus yang disebabkan oleh versi asli virus corona dalam uji coba tahap akhir yang dilakukan di Inggris," kata perusahaan itu pada Kamis, bergerak selangkah lebih dekat dengan peraturan persetujuan.

"Tidak ada kasus penyakit parah atau kematian di antara mereka yang mendapat vaksin," imbuh perusahaan itu.

Baca Juga: Setelah B.1.1.7 Terdeteksi di Indonesia, Kini Muncul Varian Baru Covid-19 yang Disebut Kebal Vaksin Bernama N439K

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai tanda bahwa vaksin Novovax dapat menghentikan efek lebih buruk dari varian baru yang muncul.

Vaksin tersebut 86% efektif dalam melindungi virus varian Inggris dengan tingkat keefektifan gabungan 90% secara keseluruhan berdasarkan data dari infeksi kedua versi virus corona.

Dalam uji coba yang lebih kecil yang dilakukan di Afrika Selatan, vaksin Novavax 55% efektif, berdasarkan pada orang tanpa HIV, tetapi masih dapat sepenuhnya mencegah penyakit parah.

Baca Juga: PT Bio Farma Masih Jajaki 2 Perusahaan Produsen Penawar Virus Corona, Berikut Ulasan 3 Kandidat Vaksin Program Vaksinasi Gotong Royong

Kepala Petugas Medis Novavax Filip Dubovsky mengatakan kinerja di Afrika Selatan menunjukkan mungkin masih ada kasus untuk menggunakannya di daerah di mana varian Afrika Selatan dominan.

Novavax juga mengembangkan formulasi baru dari vaksinnya untuk melindungi dari varian yang muncul dan berencana untuk memulai uji klinis dari suntikan ini pada kuartal kedua tahun ini.

Source : reuters.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest