Follow Us

Virus Corona Varian Baru Belum Masuk ke Indonesia, Berikut 4 Jenis yang Dikhawatirkan Kemunculannya

Ngesti Sekar Dewi - Selasa, 02 Februari 2021 | 20:15
Varian baru virus corona muncul, apakah lebih berbahaya?
Photo by Edward Jenner from Pexels

Varian baru virus corona muncul, apakah lebih berbahaya?

Gridhype.id- Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami kenaikan angka kasus positif yang signifikan setiap harinya.

Terakhir, Indonesia bahkkan memecahkan rekor dengan penambahan kasus positif terbanyak hingga tembus 14.518 kasus perhari pada Sabtu (30/1/2021) lalu.

Kecemasan akan hadirnya virus corona varian baru yang disebut lebih mudah menular membuat masyarakat hingga para medis khawatir mengenai penyebaran kasus covid-19 di Indonesia yang akan menyebar lebih luas lagi.

Baca Juga: Drama Perselingkuhan Wakil Ketua DPRD Sulut Ramai Dibicarakan, Foto Rumah Bertingkat dan 2 Mobil Mewah Angel Sepang Jadi Sorotan

Terkait hal tersebut, Lembaga penelitian pemerintah bidang biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran Eijkman, mengklaim belum menemukan varian baru virus covid-19 di Indonesia.

Hal ini di sampaikan dalam sebuah unggahan di akun media sosial instagram @eijkmaninstitue pada Senin (1/2/2021).

Dalam unggahannya tersebut dikatakan jika Sampai 1 Februari 2021, varian-varian baru belum ditemukan pada 251 sekuens Sars-Cov-2 Indonesia yang sudah dilaporkan ke GISAID.

Baca Juga: 29.000 Karton Es Krim Ditarik Karena Terkontaminasi Covid-19, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Makanan?

Berdasarkan paparan yang dirangkum dalam postingan tersebut, varian baru virus corona telah menghasilkan berbagai mutasi yang berbeda dari genom Sars-Sov-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Eijkman institue juga menjelaskan jika pengawasan genom di Indonesia perlu ditingkatkan lagi agar dapat mendeteksi varian virus Covid-19.

Source : Kompas.com, Instagram, RRI.co.id

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest