GridHype.ID - Terhitung sudah 7 bulan lebih, pandemi virus corona merebak di negeri kita.
Hingga kini pandemi virus corona belum juga berakhir.
Pasien yang terinfeksiCovid-19 justru semakin bertambah setiap harinya.
Selain menginfeksi banyak orang, pandemi virus corona juga menimbulkan dampak yang cukup mengerikan.
Salah satunya yakni pandemi Covid-19 memberikan dampak ekonomi yang sangat besar di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.
Menurut Kementrian Keuangan RI, kuartal II 2020 ekonomi Indonesia minus 5,32%, meski mulai membaik pada kuartal III, pertumbuhannya masih di level negatif.
Kondisi Indonesia yang sudah memasuki resesi ini menyebabkan banyak orang mengalami guncangan ekonomi, entah karena terkena pemotongan gaji, pengurangan bonus, sampai kehilangan pekerjaan.
Menyadari kondisi tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan NOVA yang merupakan bagian dari Grid Network, Kompas Gramedia, menggelar webinar dengan tema Pintar Atur Uang Saat Resesi.
Kegiatan ini ingin mengajak masyarakat Indonesia khususnya komunitas perempuan dan Ibu Rumah Tangga untuk menyadari pentingnya mengelola keuangan selama resesi, sehingga semua kebutuhan kita tetap terpenuhi, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, sehingga kualitas hidup pun tetap terjaga.
Webinar yang menghadirkan perencana keuangan, Rista Zwestika, ini merupakan bagian dari partisipasi Allianz Indonesia dalam rangkaian kegiatan tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bulan Inklusi Keuangan 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk, layanan jasa keuangan, sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional.
Menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini maka kegiatan tahunan kali ini diselenggarakan dalam bentuk Virtual Expo maupun Webinar dan dapat di akses melalui website http://www.bik2020.id.
“Masa pandemi yang tengah dialami menyadarkan kita untuk semakin pintar mengatur keuangan dan memikirkan berbagai risiko yang mungkin terjadi.
Kami percaya masyarakat yang memiliki literasi keuangan yang baik bisa mengatur keuangan keluarga dan memilih produk keuangan terbaik sehingga dapat lebih kuat menghadapi tantangan.
Kami berharap melalui kegiatan ini, Allianz Indonesia dapat terus memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat indonesia, terutama di masa menantang ini,” kata Sunadi, Perwakilan Yayasan Allianz Peduli.
Hal yang paling penting dalam pengelolaan keuangan adalah membuat perencanaan keuangan.
“Karena, pendapatan kita bisa berkurang, tapi biaya hidup terus berjalan, cicilan tidak bisa dihentikan, muncul biaya tambahan yang tidak terduga, sementara tabungan terkuras dengan cepat. Karena itu perencanaan keuangan seperti peta yang akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita,” demikian menurut Rista.
Tapi pengelolaan seperti apa yang perlu kita lakukan di masa ini?
“Tidak hanya saat resesi, tetapi kita sebagai ibu rumah tangga harus bisa mengatur keuangan dengan baik.
Di masa resesi ini, kita harus ekstra kreatif dan lebih SMART.
SMART yang dimaksud di sini adalah Specific, menetapkan tujuan dengan rinci dan jelas; Measurable, tujuan keuangan harus terukur; Achievable, harus bisa diwujudkan atau realistis; Relevant, antara anggaran dan tujuan sudah sesuai; serta Time-related, tujuan kita memiliki batas waktu yang jelas,” kata Sri Purnalia Susanna, perwakilan Allianz Indonesia.
Lalu bagaimana masalah ini bila dilihat dari kacamata perempuan?
“Lebih dari sebelumnya, peran perempuan, ibu, sebagai Menteri Keuangan dalam keluarga di masa pandemi dan resesi ini jadi amat penting.
Saat pemasukan keluarga berkurang atau hilang, perempuan jadi penyokong dan penjaga.
Artinya, wajib tahu dan paham betul pentingnya atur uang, caranya, sampai produk apa yang pas buat keluarganya.
Sebab NOVA percaya kalau perempuan melek keuangan, keluarganya pasti aman sejahtera.
Kami paham perempuan punya seabrek kegiatan, itu sebabnya rangkaian kegiatan seperti webinar bersama Allianz yang bisa diikuti dari rumah ini jadi tepat,” ujar Indira Dhian Saraswati, Editor in Chief NOVA, yang menjadi moderator pada webinar ini.
Bila pengeluaran sudah tidak dapat lagi ditutupi oleh pendapatan, kita perlu mengambil langkah, yaitu mengurangi pengeluaran atau menambah penghasilan.
Atau kita bisa melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan.
“Ada dua cara yang mungkin dilakukan untukmenambah penghasilan. Pertama, secara vertikal.
Bila kita bekerja di sebuah perusahaan, kita bisa berusaha untuk meningkatkan level kita, sehingga terbuka peluang untuk mendapatkan peningkatan imbalan.
Cara kedua adalah secara horizontal, yaitu mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan memulai usaha,” jelas Rista.
Yang juga penting dalam mengelola keuangan kita, yaitu melihat peluang investasi dan juga mengantisipasi risiko dengan memiliki proteksi yang tepat.
Bagaimana memilih produk investasi atau asuransi yang cocok? Sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan kita.
Apakah kita membutuhkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau lainnya. Lalu apakah kita membutuhkan investasi untuk tujuan pendidikan anak, untuk masa pensiun, dan lain-lain.
Selain itu, sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan atau bujet yang kita miliki.
Selain webinar ini, masih ada rangkaian kegiatan lainnya dari Allianz Indonesia bersama NOVA dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2020, baik dalam bentuk kuliah WhatsApp, webinar, maupun YouTube Live.
Webinar kedua dengan tema Hati Senang, Duit Datang: Kembangkan Hobi Jadi Usaha akan diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2020.
Selain itu, ada pula booth Virtual Expo Allianz Indonesia serta akan ada pula program live Bulan Inklusi Keuangan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 yang kesemuanya bisa di akses di http://bit.ly/BIK-VirtualBoothAllianz.
Tentang Yayasan Allianz Peduli
Sebagai wujud nyata atas kepedulian Allianz Indonesia terhadap masyarakat, Perusahaan mendirikan sebuah lembaga independen bernama Yayasan Allianz Peduli (YAP) pada 10 Oktober 2010.
Menjadi wadah untuk menjalankan tugas tanggung jawab sosial perusahaan, YAP melalui Departemen CSR, bergerak sebagai tulang punggung bagi programprogram unggulan CSR Allianz Indonesia yang berlandaskan pada empat pilar, yakni Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi, dan Lingkungan & Penanggulangan Bencana.
Seluruh program untuk masing-masing pilar berjalan selaras dengan inisiatif pemerintah dan kebutuhan masyarakat pada umumnya.
Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.
Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 30.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya.
Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 9 juta tertanggung.
Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Indonesia Bakal Alami Resesi Ekonomi, Begini Dampak 'Mengerikan' bagi Masyarakat
Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat.
Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, dimana awalnya Allianz menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina.
Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.
Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara.
Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global.
Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 740 miliar Euro.
Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,6 trilliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index.
Pada tahun 2019, lebih dari 147.000 karyawan meraih total pendapatan 142 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11,9 miliar Euro.
Baca Juga: Belum Selesai Wabah Corona, Belasan Mahasiswa China Diserang Norovirus, Ini Gejala yang Muncul
Tentang Grid Network
Grid Network adalah perusahaan penghasil gagasan yang mendengarkan apa yang audiens inginkan dan terus berinteraksi dengan mereka melalui berbagai product experience baik secara offline maupun online.
Karena kami percaya, real touch will grow real audiences.
Saat ini Grid Network menjangkau dan terhubung dengan pembaca melalui cross-platform network kami yang hadir dalam berbagai bentuk print dan online media.
Artikel ini telah tayang di Allianz Indonesia dengan judulDukung Program OJK Pada Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2020, Allianz Indonesia Bersama NOVA Berbagi Kiat Pintar Atur Uang Saat Resesi untuk Komunitas Perempuan dan Ibu Rumah Tangga
(*)