Follow Us

D614G Strain Baru Virus Corona SARS-CoV-2 Ditemukan, Mutasi Ini Mampu Menyebar 10 Kali Lebih Cepat, Pertama Kali Ditemukan di Surabaya

Nabila N C, None - Selasa, 01 September 2020 | 09:00
Ilustrasi virus corona.
Kompas.com

Ilustrasi virus corona.

GridHype.ID - Angka kasus infeksi virus corona masih meningkat secara global

Bahkan sudah tercatat hingga (1/09) mencapai 25,3 juta jiwa.

Tentu hal ini membuat dunia masih terus berjuang mengatasi pandemi virus corona dalam bentuknya yang sekarang (SARS-Cov-2) alias Covid-19.

Namun di tengah perjuangan banyak negara di dunia kini virus covid 19 bermutasi para peneliti menamainya sebagai strain virus D614G.

Baca Juga: Beredar Dokumen Berisi WHO Tidak Rekomendasikan Penggunaan Masker Bagi yang Sehat, Juru Bicara Badan Kesehatan Dunia Angkat Bicara

Salah satu strain, yang kemudian dikenal dengan D614G, adalah virus dengan gen yang bermutasi sehingga memberinya lebih banyak protein.

Imbasnya, virus bisa lebih cepat menempel pada sel manusia.

Selain mutasi D614G, virus corona juga bermutasi menjadi corona lain yang sangat jarang ditemui, yakni tipe Q677H.

Pakar Biomolekular Universitas Airlangga (Unair) Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengklaim mutasi ini baru ada di Surabaya.

Baca Juga: Penularan Lokal Tak Terkendali, Institut Biologi Molekuler Eijkman Sebut Mutasi Virus Corona Baru Ditemukan di Indonesia

"Ada dua mutan yang berdekatan dan dari peta sebaran di Indonesia, satu-satunya baru di Surabaya," ujar Ni Nyoman yang juga Wakil Rektor I Unair, Senin(31/8/2020).

Mutan ini, ia melanjutkan, posisinya dekat dengan pemotongan purin (enzim protease yang dimiliki sel inang dalam hal ini manusia, tepatnya di sel paru-paru).

Source : Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest