Follow Us

Tips Kesehatan, Inilah 8 Langkah Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami

Grid., Helna Estalansa - Kamis, 26 Oktober 2023 | 12:15
Kolesterol
Freepik.com

Kolesterol

GridHype.ID - Tips kesehatan berikut ini bisa kamu simak untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Sebab, tips kesehatan ini akan menggunakan cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Penasaran bagaimana caranya? Mari kita simak bersama!

Kolesterol tinggi telah menjadi masalah kesehatan yang umum di masyarakat saat ini.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Namun, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol tinggi dengan efektif.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

Baca Juga: Tips Kesehatan, Inilah 3 Cara Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol

  1. Mengadopsi pola makan sehat: Mulailah dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh, kolesterol, dan makanan olahan. Gantilah dengan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Serat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan.
  2. Mengonsumsi lemak sehat: Pilih lemak tak jenuh seperti lemak alami dalam ikan berlemak (seperti salmon, sarden, dan tuna) serta minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Lemak tak jenuh membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  3. Rajin berolahraga: Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas aerobik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang setiap hari.
  4. Menjaga berat badan ideal: Kegemukan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Dengan menjaga berat badan yang sehat, kamu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Gaya hidup sehat yang mencakup makan seimbang dan olahraga teratur akan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.
  5. Menghindari kebiasaan merokok dan alkohol: Merokok dapat merusak pembuluh darah dan mempengaruhi metabolisme kolesterol. Selain itu, alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jadi, lebih baik hindari atau batasi konsumsi kedua kebiasaan tersebut.
  6. Mengonsumsi makanan penurun kolesterol alami: Beberapa makanan seperti bawang putih, apel, almond, oatmeal, dan kacang-kacangan telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah untuk mengonsumsi makanan ini secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat kamu.
  7. Mengelola stres: Stres yang tidak terkendali dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Cari cara yang efektif untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan, untuk menjaga keseimbangan mental dan emosional.
  8. Mengikuti anjuran dokter: Jika kadar kolesterol kamu sangat tinggi, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan medis. Penting untuk mengikuti anjuran dokter dan mengambil obat-obatan yang diresepkan dengan tepat.Dengan mengadopsi langkah-langkah ini secara konsisten, kamu dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami.
Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup kamu.

Artikel ini telah tayang di Sonora.ID dengan judul "Kolestrol Tinggi? Berikut Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi"

Baca Juga: Inilah Manfaat Dari Buah Srikaya, Mulai Dari Radang Sampai Kanker

(*)

Source : Sonora.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular