Follow Us

Tips Kesehatan, Kamu Mulai Pikun Dini? Ternyata 5 Makanan dan Minuman Ini yang Jadi Biang Keroknya

Grid., Helna Estalansa - Rabu, 12 Juli 2023 | 18:32
ilustrasi pikun
Freepik

ilustrasi pikun

GridHype.ID - Tips kesehatan ini akan membagikan sederet makanan dan minuman yang menjadi penyebab pikun dini.

Ya, seperti diketahui, akhir-akhir ini banyak anak muda yang mengeluhkan soal pikun dini.

Untuk itu, kamu harus tahu nih 5 makanan dan minuman yang jadi penyebab pikun dini, sehingga kamu bisa menghindarinya mulai dari sekarang.

Kemampuan mengingat sesuatu atau daya ingat seseorang bisa menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, misalnya mengingat materi untuk ujian, menjalankan tugas ketika bekerja, hingga berbagai aktivitas lainnya.

Sayangnya, beberapa orang memiliki daya ingat yang lemah, yang ternyata tak hanya dialami oleh orang lanjut usia, tetapi juga anak muda.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pikun adalah kelainan tingkah laku yang ditandai dengan sering lupa, yang biasa terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut, linglung, pelupa.

Meski demikian, pikun ternyata tidak hanya bisa menyerang orang dengan lanjut usia, tapi juga anak muda.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia dalam program Health Corner di Radio Sonora FM.

“20-an sudah mulai menurun (kinerja otak), tetapi tidak berarti bahwa membenarkan fungsi otak yang menurun, karena segala sesuatu yang berkaitan dengan otak dan jaringan-jaringannya memiliki kemampuan untuk regenerasi,” jelasnya memaparkan.

Ternyata pikun di usia muda ini bisa terjadi karena faktor makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

“Memang benar, ada kaitan antara makanan, minuman, kebiasaan hidup, dengan kemampuan otak. Makanan yang memperburuk fungsi jantung, biasanya memperburuk fungsi otak,” tegas Dokter Santi menambahkan.

Baca Juga: Tips Kesehatan, 10 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, Salah Satunya Sering Tertawa

Source : Sonora.ID

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest