Follow Us

Tips Kesehatan, Benarkah Mandi Malam Bisa Sebabkan Asam Urat? Begini Kata Dokter

Grid., Helna Estalansa - Rabu, 17 Mei 2023 | 20:30
Ilustrasi mandi malam
https://www.freepik.com/free-photo/shower-head-with-hot-water_18004647.htm#query=mandi&position=1&fr

Ilustrasi mandi malam

GridHype.ID - Penderita asam urat wajib tahu tips kesehatan di bawah ini.

Sebab, tips kesehatan ini akan membagikan jawaban atas jawaban kalau mandi malam bisa sebabkan asam urat.

Untuk lebih jelasnya mari cari tahu tips kesehatan berikut sampai selesai.

Mandi malam kerap kali terpaksa dilakukan karena kesibukan atau pekerjaan yang padat sehingga baru bisa sampai di rumah dan beristirahat di malam hari bahkan larut malam.

Di kondisi pandemi dan kesehatan menjadi yang paling utama, mandi setelah pulang kerja atau setelah beraktivitas di luar rumah menjadi hal yang wajib sehingga walaupun sudah larut malam beberapa orang tetap memutuskan untuk mandi.

Di sisi lain, tak sedikit orang yang menyebutkan bahwa mandi malam bisa menyebabkan keluhan asam urat, benarkah demikian?

Dalam program Health Corner di Radio Sonora FM, Dokter Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menegaskan bahwa, hal ini sama sekali tidak ada hubungan.

Asam urat terjadi ketika kandungan purin di dalam tubuh berlebihan, hal ini bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu asupan purin ke dalam tubuh terlalu banyak atau pengeluaran purin dari tubuh yang terlalu sedikit.

Sedangkan mandi malam tidak menyebabkan keduanya.

Mandi malam tidak menyebabkan kandungan purin di dalam tubuh menjadi bertambah, sehingga mandi malam tidak menyebabkan keluhan asam urat.

“Peningkatan asam urat dalam darah terjadi karena masuknya purin atau masuknya makanan yang ujung-ujungnya asam urat itu terlalu banyak, atau keluarnya yang terlalu sedikit, atau kombinasi keduanya,” papar Dokter Santi.

Baca Juga: Tips Kesehatan, Jangan Khawatir, Sederet Ikan Ini Aman untuk Penderita Asam Urat

Source : Sonora.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular