Follow Us

Apakah Bahaya Tidur Dekat Ponsel? Begini Penjalasan Para Ahli

Helna Estalansa, None - Senin, 13 Februari 2023 | 19:00
Bahaya yang ditimbulkan dari tidur dekat ponsel.
lifestylememory/freepik

Bahaya yang ditimbulkan dari tidur dekat ponsel.

GridHype.ID - Siapa di sini yang hobi tidur dekat ponsel?

Kalau iya, sebaiknya jangan kamu lakukan lagi deh.

Berikut akan dijelaskan sederet kerugian tidur dekat ponsel.

Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar mengenai radiasi ponsel yang menyebabkan kanker otak saat seseorang punya kebiasaan tidur dekat dengan ponsel.

Kendati demikian, apakah bahaya tidur dekat ponsel?

Dilansir dari Live Strong, Jumat (10/2/2023) ponsel memang memancarkan radiasi dan radiasi memang berpotensi meningkatkan risiko kanker.

Namun radiasi yang keluar dari ponsel dianggap tidak berbahaya.

Radiasi pengion yang dikeluarkan dari sinar-X dan radon dapat menyebabkan kerusakan DNA yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker.

Menurut National Cancer Institute (NCI) radiasi yang dipancarkan dari ponsel yang disebut radiasi frekuensi radio bersifat nonionisasi, artinya tidak menyebabkan kerusakan DNA.

Namun tentu saja, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti apakah tidur berdekatan dengan ponsel misalnya menaruh di bawah bantal meningkatkan kemungkinan kanker.

"Meta-analisis besar telah dilakukan untuk mencari dukungan bahwa ada hubungan antara ponsel dan kanker, tetapi tidak ada yang mampu membuat klaim yang kuat. Sampai sekarang kami tidak punya alasan untuk percaya ponsel menyebabkan kanker," kata Stephanie Weiss, MD, Kepala Divisi Neurologi Onkologi di Pusat Kanker Fox Chase Philadelphia. NCI tidak sendirian dengan pendapatnya.

Organisasi besar lain juga telah meninjau bukti bahwa tidur di samping ponsel itu aman.

Source : Kompas.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest