Follow Us

Anti Gagal! Ternyata Begini Cara Membuat Ketupat Enak dan Pulen, Dijamin Semua Bisa Bikin Termasuk Kamu yang Pemula

Helna Estalansa - Senin, 02 Mei 2022 | 08:00
Cara membuat ketupat lebaran
Freepik

Cara membuat ketupat lebaran

GridHype.ID - Saat menyambut Hari Raya Idul Fitri tiba, biasanya masyarakat akan menghidangkan makanan khas lebaran di rumahnya.

Salah satu makanan khas lebaran yang kerap disajikan yaitu ada ketupat.

Melansir dari Wikipedia, ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palma yang lain.

Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran sampai 5 hari berikutnya ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Tradisi ketupat (kupat) lebaran menurut cerita adalah simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan) yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada waktu itu masih banyak yang meyakini kesakralan kupat.

Asilmilasi budaya dan keyakinan ini akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi Islami ketika ketupat menjadi makanan yang selalu ada di saat umat Islam merayakan lebaran sebagai momen yang tepat untuk saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Sementara itu, ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal bersudut tujuh (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut enam.

Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda.

Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang dan lebar, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Baca Juga: Jadi Makanan Wajib Hadir di Meja Makan Momen Lebaran, Simak Tips Anti Gagal Bikin Ketupat Hasilnya Nggak Lembek dan TidaK Mudah Basi

Nah, bagi kamu yang ingin membuat ketupat, sebaiknya simak artikel cara membuat ketupat enak dan pulen untuk pemula berikut ini.

Dijamin, cara membuat ketupat enak dan pulen ini bikin kita berhasil membuatnya sendiri.

Source : wikipedia, SajianSedap.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest