Follow Us

Jadi Menu Buka Puasa Unik Khas Semoluwaru Surabaya, Ini Sop Ayam Kurma dengan Perpaduan Rasa Gurih dan Manis, Mau Coba?

Dwi Purworahayu - Selasa, 19 April 2022 | 20:30
Menu Hits Ramadan: Sop Ayam Enak
Pixabay.com

Menu Hits Ramadan: Sop Ayam Enak

GridHype.ID - Beragam menu buka puasa bisa kita pilih untuk disajikan ke anggota keluarga.

Tak jarang pula, ibu rumah tangga memilih makanan berkuah sebagai menu buka puasa keluarga.

Sementara melansir Kompas.com, menurut Chef Degan Septoadji, makanan berkuah seperti aneka sup memang cocok untuk dihidangkan sebagai menu buka puasa.

"Kalau menurut saya makanan berkuah cocok untuk buka puasa. Misalnya aneka sup, tapi gak perlu buat sup yang berat-berat juga (rasanya)," kata Chef Degan, saat ditemui di Intercontinental Jakarta Pondok Indah, Selasa (23/3/2021).

Selain itu, ia juga menyarankan saat masak sup dengan daging ayam, gunakan dada ayam supaya tidak terlalu berlemak dan nyaman ketika disantap.

Sup yang ditambahkan dada ayam tidak perlu dimasak terlalu lama, sebab daging dada ayam akan menjadi kering meskipun ayam terendam dalam kuah.

Ia juga berpesan jangan lupa tambahkan sayuran pada sup.

"Saya pikir yang berkuah itu sangat bagus untuk buka puasa. Lebih segar, juga ada vitamin dan nutrisi yang kita butuh," kata dia.

Nah, menu buka puasa yang disarankan Chef Degan itu rupanya telah menjadi makanan khas bagi warga di Semolowaru, Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Padahal Jadi Andalan Menu Buka Puasa, Siapa Sangka Kebanyakan Makan Es Buah dan Kolak Bisa Mengundang Petaka untuk Tubuh, Ahli Sudah Peringkatkan

Pasalnya, mengutip Kompas.TV, sajian buka puasa khas Semoluwaro ini juga termasuk makanan berkuah yang menyehatkan, yakni Sop Ayam Kurma.

Sop segar dan hangat ini rupanya jadi salah satu menu favorit warga untuk berbuka karena dianggap baik untuk mengembalikan energi tubuh, setelah berpuasa seharian.

Source : Kompas.com, Kompas.tv

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest