Follow Us

OJK Beri Ultimatum Keras, Larang Jasa Keuangan Indonesia Fasilitasi Perdagangan Kripto

Ruhil Yumna - Kamis, 27 Januari 2022 | 07:45
Tips berinvestasi di kripto agar cuan.
iStock Editorial

Tips berinvestasi di kripto agar cuan.

GridHype.ID - Belakangan masyarakat Indonesia tengah ramai membicarakan soal NFT, kripto dan aset uang digital lainnya.

Namun antusias tersebut rupanya tak mendapat sambutan baik dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bahkan secara terang-terangan OJK melarang keras campur tangan lembaga jasa keuangan dalam segala bentuk aktivitas perdagangan aset uang kripto (cryptocurrency) di Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan bahwa larangan tersebut mencakup aksi seperti menggunakan, memasarkan, serta memfasilitasi kegiatan jual beli aset kripto.

Adapun larangan tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi OJK Indonesia @ojkindonesia.

"OJK dengan tegas telah melarang lembaga jasa keuangan untuk menggunakan, memasarkan, dan/atau memfasilitasi perdagangan aset kripto," tulis akun @ojkindonesia.

Saat ini segala jenis pengawasan dan pengaturan atas aset kripto dilakukan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Meski tidak terlibat dengan segala regulasi yang diterapkan pada aset kripto di Indonesia, OJK turut mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih mengenal risiko yang bisa disebabkan oleh aset kripto.

Hal ini disebabkan aset kripto merupakan jenis komoditas yang memiliki fluktuasi nilai yang tidak menentu, sehingga nilainya dapat naik dan turun secara tiba-tiba.

Baca Juga: Sempat Bikin Banyak Orang Melongo dengan Aset NFT Sampai Triliunan Bermodal Foto Selfie, Mengapa NFT Foto Ghozali Dihargai Mahal?

Selain itu, OJK juga mewanti-wanti masyarakat agar mewaspadai skema ponzi berkedok investasi kripto.

Source : kompas, Instagram

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest