Follow Us

Jadi Favorit Banyak Orang, Kebiasaan Mengunyah Es Batu Bisa Datangkan Petaka Pada Gigi, ini Mata Ahli

None - Senin, 23 Agustus 2021 | 10:15
Es batu ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.
pixabay

Es batu ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.

GridHype.id- Pagophagia, merupakan sebutan bagi orang yang gemar mengunyah es batu.

Buat kamu yang hobi mengunyah es batu tentunys paham betul akan sensasi dingin tersendiri yang bisa dinikmati, terlebih lagi jika cuaca sedang panas.

Pada kondisi pagophagia, kebiasaan mengunyah es batu muncul karena penderitanya mengidap anemia atau kekurangan zat besi.

Selain itu, kondisi lain yang membuat orang mempunyai kebiasaan untuk mengunyah es batu adalah OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder.

OCD merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang mengarah pada perilaku kompulsif dan pikiran obsesif.

Dari penjabaran di atas, Kawan Puan pasti menyadari bahwa kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan.

Kebiasaan ini dianggap tidak baik dan tidak menyehatkan karena dapat menyebabkan beberapa masalah serius terutama pada kesehatan gigi dan mulut.

Menurut American Dental Association yang dikutip dari Kompas.com, kebiasaan menggigit atau mengunyah es batu dapat merusak enamel gigi, lapisan permukaan keras yang melindungi gigi.

Baca Juga: Stop Iseng Mengunyah Es Batu, Pasalnya Dampak Mengerikan Ini akan Terjadi pada Tubuh

Meskipun lapisan itu kuat dan keras, namun jika lapisan itu membentur es batu yang juga keras maka akan ada beban kerusakan besar pada lapisan gigi.

Jika enamel rusak, gigi dan seluruh kebersihan mulut termasuk gusi akan rentan mengalami infeksi.

Seperti yang dikutip dari Grid.ID, kebiasaan mengunyah es batu juga dapat memberikan tekanan pada gusi sehingga menyebabkan resesi gusi.

Source : parapuan.co

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest