Follow Us

2 Puasa Sebelum Idul Adha yang Bisa Kamu Lakukan, Dilengkapi dengan Bacaan Niat dan Keutamaannya

Helna Estalansa - Sabtu, 17 Juli 2021 | 14:00
ilustrasi puasa
freepik

ilustrasi puasa

GridHype.ID - Tinggal menghitung hari, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 2021.

Seperti yang diketahui, Hari Raya Idul Adha identik dengan peristiwa kurban.

Melansir dari Wikipedia, diperingati sebagai peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha di Tengah Kebijakan PPKM Darurat, Simak Aturan Salat Ied dan Pemotongan Hewan Kurban

Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Adapaun Idul Adha ini jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah, yakni hari yang jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri.

Melansir dari Tribunnews.com, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 2021 jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang.

Keputusan itu ditetapkan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat Idul Adha 2021 pada Sabtu (10/7/2021) lalu.

Baca Juga: Sebentar Lagi Idul Adha, Nagita Slavina Berencana Kurban 15 Sapi Namun Dibuat Bingung Masalah ini, Sampai Istri Raffi Ahmad Harus Curhat ke Karyawannya

Penetapan Idul Adha 2021 jatuh pada 20 Juli itu sama dengan keputusan Muhammadiyah yang lebih dulu menetapkan Idul Adha 2021.

Sementara itu, sebelum Idul Adha 2021, Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Source : Tribunnews.com, wikipedia

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest