Follow Us

WHO Segera Rilis Laporan Penyelidikan Terkait Asal-usul Covid-19 Pada Pertengahan Maret 2021

Dwi Purworahayu - Sabtu, 06 Maret 2021 | 21:00
Direktur Program Keadaan Darurat Kesehatan WHO Michael Ryan dan Maria Van Kerkhove, Pimpinan Teknis WHO mengapit Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
WHO

Direktur Program Keadaan Darurat Kesehatan WHO Michael Ryan dan Maria Van Kerkhove, Pimpinan Teknis WHO mengapit Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

GridHype.ID - Belum lama ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan timnya untuk menyelidiki asal-usul virus corona (covid-19) di Wuhan, China.

Penyelidikan langsung di lapangan itu berjalan selama sekitar 2 minggu ditambah dengan waktu karantina 2 minggu sesampainya mereka di China.

Melansir dari reuters.com, WHO akan merilis laporan hasil penyelidikan lapangan terkait asal-usul munculnya virus corona (covid-19) pada pertengahan Maret 2021.

Baca Juga: Peasien 02 Covid-19 Ngaku Makin Sulit Bernapas Meski Tak Banyak Aktivitas, WHO Desak Lebih Banyak Penelitian Mengenai 'Long Covid-19'

"Temuan misi yang dipimpin WHO ke Wuhan, China untuk menyelidiki asal-usul virus penyebab COVID-19 diharapkan terjadi pada pertengahan Maret," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat.

"Waktunya tepatnya sekitar 14-15 Maret," tambah Peter Ben Embarek selaku kepala tim pada jumpa pers di Jenewa.

Ben Embarek, pakar penyakit menular dari hewan ke manusia dari WHO, mengatakan pada akhir misi bulan lalu bahwa virus tersebut kemungkinan berasal dari kelelawar, meski belum diketahui secara pasti bagaimana virus itu sampai ke manusia.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Pandemi Global, WHO Sebut Virus Corona Berpotensi Menjadi Endemik, Begini Tanggapan PB IDI

Dia juga secara efektif mengesampingkan kebocoran laboratorium.

Pejabat WHO sebelumnya mengatakan bahwa misi mungkin mengeluarkan laporan ringkasan sebelum temuan lengkapnya siap. Ini tidak lagi direncanakan.

“Apa yang telah dilakukan tim untuk kredit mereka benar-benar bekerja keras untuk mencoba mendapatkan laporan lengkap mereka sehingga kami dapat melakukan diskusi yang tepat seputar laporan lengkap,” kata Mike Ryan, pakar darurat WHO.

Source : reuters.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest