Follow Us

Tanpa Sadar 8 Kebiasaan Sederhana ini Justru Bikin Sulit Hamil, Salah Satunya Kebiasaan di Pagi Hari ini

None - Selasa, 29 September 2020 | 07:00
Ilustrasi - Pasutri Wajib Catat! 9 Kebiasaan Ini Bikin Susah Hamil sampai Mandul Loh, Salah Satunya Sering Minum dari Botol Plastik, Hati-hati!
Freepik

Ilustrasi - Pasutri Wajib Catat! 9 Kebiasaan Ini Bikin Susah Hamil sampai Mandul Loh, Salah Satunya Sering Minum dari Botol Plastik, Hati-hati!

Gridhype.id- Banyak pasangan yang telah lama menikah namun belum juga dikarunia anak.

Masalah kesuburan memang bisa dialami baik pria maupun wanita ini.

Infertilitas atau ketidaksuburan dapat terjadi karena berbagai sebab. Mulai dari kondisi tubuh hingga dipicu oleh perilaku sehari-hari.

Kabar buruknya, sering kali, infertilitas ini tidak disadari terjadi karena beberapa kebiasaan sederhana. Lalu, kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan?

Baca Juga: Mengenal Buah Parijoto, Mampu Atasi Masalah Sulit Hamil Hingga Obat Bagi Penderita Darah Tinggi

1. Begadang dan kurang tidur

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan ini mempengaruhi banyak hal dalam kesehatan tubuh, tak terkecuali kesehatan reproduksi.

Melansir dari Verywell Family, beberapa penelitian menemukan hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dengan menstruasi tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur sendiri dapat menjadi gejala infertilitas.

Selain itu, kebiasaan buruk begadang juga berkaitan erat dengan obesitas yang membuat masalah ovulasi pada perempuan dan sperma kurang sehat pada laki-laki.

Penelitian yang terbit dalam jurnal Medical Science Monitor tahun 2017 menemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam menghasilkan sperma yang buruk.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest