Follow Us

Ketua MPR Minta Pemda dan Masyarakat Untuk Terus Waspada Terhadap Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter di Pantai Selatan Jawa

None - Selasa, 29 September 2020 | 06:30
Ilustrasi Tsunami
Pixabay.com

Ilustrasi Tsunami

Gridhype.id - Masyarakat tengah dihebohkan dengan beredarnya kabar tsunami setinggi 20 meter yang akan menerjang di beberapa wilayah pantai selatan jawa dan jawa timur.

Prediksi ini berdasarkan hasil kajian yang dilakukan tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB).

Terkait hal tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo menghimbau kepada pemerintah daerah beserta warga yang tinggal di sepanjang garis pantai selatan Pulau Jawa untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Baca Juga: Dianggap Sebagai Mitos, Peneliti LIPI Justru Bongkar Keterkaitan Kisah Cinta Nyi Roro Kidul dengan Jejak Bencana Tsunami Purba, Ada Apa?

"Ada sembilan kabupaten-kota di jalur pantai selatan yang berpotensi terdampak manakala peristiwa tsunami itu terjadi. Bahkan, sedikitnya 156 desa di wilayah Banyuwangi, Pacitan, dan Trenggalek perlu mendapat perhatian khusus karena besarnya potensi ancaman tsunami tersebut," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis pada Senin (28/9) kemarin.

Ia pun mengapresiasi langkah Pemprov Jawa Timur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur yang telah berinisiatif melakukan simulasi penanggulangan tsunami pada sembilan wilayah yang berada di selatan Jawa Timur.

Ia menekankan, upaya peningkatan kewaspadaan masyarakat harus terus dilakukan secara terus-menerus.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut 16 Titik Wilayah di Indonesia yang Rawan Bencana Alam Tsunami Hingga Gempa

Hal itu agar warga tidak lengah mengingat belum ada teknologi yang dapat memprediksi kapan tsunami terjadi.

Para pemerintah daerah di Pulau Jawa, imbuh Bamsoet, juga harus meningkatkan komunikasi dengan warga untuk terus mengingatkan mengenai hal ini.

"Kerahkan aparatur pemda untuk terus berdialog dengan warga. Dialog yang bertujuan membangunkan kewaspadaan itu menjadi langkah awal mitigasi bencana," ujarnya.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest