Follow Us

Tewaskan Satu Orang Penambang Belerang, Ahli Pastikan Jika Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen Adalah Tsunami

None - Selasa, 02 Juni 2020 | 10:15
Kawah Ijen, Jawa Timur
shutterstock

Kawah Ijen, Jawa Timur

Gridhype.id - Sebuah fenomena yang tak biasa terjadi di kawasan Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Air kawah danau Gunung Ijen meluap dan menimbulkan gelombang setingga tiga meter pada Jumat (29/05/2020) sekitar pukul 12.30 WIB.

Selain itu, kawah Ijen juga dikabarkan mengeluarkan gas beracun serta tremor.

Baca Juga: Berniat Untuk Membantu Mengangkut Sampah Milik Pemulung, Pria ini Justru Terkejut Bukan Main Saat Melihat Rumah Pemulung Tersebut

Fenomena ini mengakibatkan seorang penambang belerang tewas di lokasi kejadian.

Benarkah fenomena ini merupakan tsunami, bagaimana bisa?

Widjo Kongko, ahli tsunami Indonesia mengatakan, fenomena yang terjadi di Gunung Ijen adalah tsunami.

Dia menjelaskan, tsunami adalah gelombang dengan periode relatif panjang. Tsunami sendiri bisa ditimbulkan oleh adanya gangguan di dasar laut, teluk, danau sehingga mengganggu kolom air di atasnya.

"Penyebabnya bisa karena gempa bumi, longsor, dan atau aktivitas gunung api. Fenomena yang terjadi di danau kawah Gunung Ijen, adalah salah satu contoh tsunami," jelas Widjo Kongko kepada Kompas.com, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: 6 Deretan Skincare Berharga Fantastis, Salah Satunya Digunakan Oleh Nagita Slavina, Harganya Mencapai Belasan Juta

Nah, fenomena yang terjadi di kawah Gunung Ijen disebut tsunami danau. Hal ini berdasar pada kategori gelombang yang ditimbulkan.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest