Wajib Tahu! Berikut 16 Titik Wilayah di Indonesia yang Rawan Bencana Alam Tsunami Hingga Gempa

Minggu, 14 Juni 2020 | 08:15
google

Jadi Negara Rawan Bencana, 16 Wilayah di Indonesia ini Rawan Tsunami Besar Salah Satunya Jawa Barat!

Gridhype.id–Dari sekian banyak wilayah di Indonesia, ternyata ada 16 titik paling rawan terkena gempa besar dan tsunami.

Menjadi salah satu negara maritime yang mayoritas penduduknya tinggal di wilayah pesisir, sudah menjadi hal wajib untuk kita mengetahui potensi ancaman gempa besar yang menimbulkan tsunami.

Ahli tsunami sekaligus Perekayasa Bidang Kelautan Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai (BTIPFP) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko, menjelaskan kalau Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng tektonik yang terus bergerak, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Baca Juga: Tewaskan Satu Orang Penambang Belerang, Ahli Pastikan Jika Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen Adalah Tsunami

Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal maka akan berpotensi menimbulkan tsunami.

Dari hal tersebut, Indonesia dipastikan rawan banget terkena tsunami.

Widjo berkata, ketiga lempeng tersebut saling bergerak dan enggak pernah berhenti selama bumi berputar.

"Pertanyaannya adalah, kapan lempeng akan melepaskan energi. Itu yang tidak kita tahu," ujar Widjo.

Baca Juga: Baba Vanga Sempat Keluarkan Pernyataan Mengejutkan, Sebut Jika Tahun 2020 Akan Terjadi Hal Mengerikan ini di Asia

Widjo menerangkan, selain diapit oleh tiga lempeng, Indonesia memiliki banyak sekali sesar atau patahan gempa.

Sesar-Sesar berukuran besar di kerak bumi merupakan hasil dari aksi gaya lempeng tektonik, dengan yang terbesar membentuk batas-batas antara lempeng, seperti zona subduksi atau sesar transform.

Energi yang dilepaskan menyebabkan gerakan cepat pada sesar aktif yang merupakan penyebab utama gempa bumi.

Tsunami sendiri umumnya disebabkan oleh gempa megathrust.

Dalam kesempatan wawancara lain, Daryono yang baru diangkat sebagai Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG pernah menerangkan tentang megathrust.

"Thrust" merujuk pada salah satu mekanisme gerak lempeng yang menimbulkan gempa dan memicu tsunami, yaitu gerak sesar naik.

Baca Juga: Mengenang 15 Tahun Tsunami Aceh, Jasad Tidak Bertemu Rumahpun Tak Kunjung Dapat

Dengan demikian, megathrust bisa diartikan gerak sesar naik yang besar. Mekanisme gempa itu bisa terjadi di pertemuan lempeng benua.

Dalam geologi tektonik, wilayah pertemuan dua lempeng ini disebut zona subduksi.

Menurut Daryono, zona megathrust terbentuk ketika lempeng samudera bergerak ke bawah menunjam lempeng benua dan menimbulkan gempa bumi.

"Zona subduksi ini diasumsikan sebagai sebuah zona “patahan naik yang besar” atau populer disebut zona megathrust," kata Daryono kepada Kompas.com, Sabtu (7/4/2018).

FYI, Zona megathrust di Indonesia bukan hal baru karena udah ada sejak jutaan tahun lalu saat terbentuknya rangkaian busur kepulauan.

Sebagai sebuah area sumber gempa, maka zona ini bisa memunculkan gempa bumi dengan berbagai magnitudo dan kedalaman.

Gempa megathrust dianggap menakutkan karena dianggap selalu bermagnitudo besar dan memicu tsunami.

Baca Juga: Bukan Pertanda Bencana, Mimpi Banjir Rupanya Berhubungan Langsung dengan Rezeki Loh!

16 Titik Megathrust yang ada di Indonesia

Ada 16 titik megathrust yang dimiliki Indonesia," jelas Widjo sambil menunjukkan gambar kotak-kotak di laut yang tertera pada peta bencana gempa dan tsunami Indonesia di buku Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen) di bawah ini.

Zona subduksi itu ada di Aceh dan udah lepas energinya pada 2004, sehingga menimbulkan tsunami Aceh.

Kemudian di bawah zona subduksi Aceh-Andaman ada Nias-Simelue, Batu, Mentawai-Siberut, Mentawai-Pagai, Enggano, selat Sunda, Jawa Barat, selatan Jawa, Bali, Sulawesi, Banda, hingga utara Papua.

Ungkap Widjo, wilayah-wilayah inilah yang berpotensi mengalami gempa bumi besar dan tsunami.

Untuk lebih lengkap, yuk langsung aja lihat informasi yang ada pada tabel bawah ini. Lengkap dengan sejarah gempa besarnya!

Baca Juga: Anak Gunung Krakatau Alami Erupsi, Jangan Lupakan Letusan 'Sang Ibu' yang 10.000 Kali Lebih Ngeri dari Bom Hiroshima

Kompas.com
Kompas.com

Tabel wilayah rawan tsunami

Nah, itu tadi beberapa wilayah yang punya potensi besar terkena tsunami. Semoga kita bisa lebih waspada lagi ya! (*)

Artikel ini telah tayang di Cewekbanget.id dengan judul,“Negara Rawan Bencana, Ini 16 Wilayah Indonesia yang Paling Berpotensi Tsunami. Harus Tahu!”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya