Tewaskan Satu Orang Penambang Belerang, Ahli Pastikan Jika Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen Adalah Tsunami

Selasa, 02 Juni 2020 | 10:15
shutterstock

Kawah Ijen, Jawa Timur

Gridhype.id- Sebuah fenomena yang tak biasa terjadi di kawasan Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Air kawah danau Gunung Ijen meluap dan menimbulkan gelombang setingga tiga meter pada Jumat (29/05/2020) sekitar pukul 12.30 WIB.

Selain itu, kawah Ijen juga dikabarkan mengeluarkan gas beracun serta tremor.

Baca Juga: Berniat Untuk Membantu Mengangkut Sampah Milik Pemulung, Pria ini Justru Terkejut Bukan Main Saat Melihat Rumah Pemulung Tersebut

Fenomena ini mengakibatkan seorang penambang belerang tewas di lokasi kejadian.

Benarkah fenomena ini merupakan tsunami, bagaimana bisa?

Widjo Kongko, ahli tsunami Indonesia mengatakan, fenomena yang terjadi di Gunung Ijen adalah tsunami.

Dia menjelaskan, tsunami adalah gelombang dengan periode relatif panjang. Tsunami sendiri bisa ditimbulkan oleh adanya gangguan di dasar laut, teluk, danau sehingga mengganggu kolom air di atasnya.

"Penyebabnya bisa karena gempa bumi, longsor, dan atau aktivitas gunung api. Fenomena yang terjadi di danau kawah Gunung Ijen, adalah salah satu contoh tsunami," jelas Widjo Kongko kepada Kompas.com, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: 6 Deretan Skincare Berharga Fantastis, Salah Satunya Digunakan Oleh Nagita Slavina, Harganya Mencapai Belasan Juta

Nah, fenomena yang terjadi di kawah Gunung Ijen disebut tsunami danau. Hal ini berdasar pada kategori gelombang yang ditimbulkan.

Gelombang setinggi tiga meter yang terjadi bukan disebabkan oleh angin. Selain itu, periode gelombang tiga meter itu pun terjadi cukup panjang yakni lebih dari satu menit.

"Ada gelombang atau osilasi air karena goncangan dan disebut dengan istilah lain yaitu 'Seiche'," ungkap Widjo.

Gelombang atau osilasi air seperti yang terjadi pada Gunung Ijen terjadi saat danau atau kolam besar mengalami goncangan gempa bumi, tetapi bukan karena runtuhan atau deformasi di dasar danaunya.

Baca Juga: Kebiasaan Wanita Saat Menggunakan Lipstik Bisa Ungkap Kepribadiannya, Coba Lihat dari Bentuk Ujung Lipstik yang Biasa Digunakan

Faktor yang menentukan tinggi tsunami

Seperti dijelaskan, tsunami merupakan gelombang dengan periode relatif panjang akibat gangguan di dasar laut, teluk, dan danau.

Gangguan itu bisa dari gempa bumi, tanah longsor, atau aktivitas gunung berapi.

Sementara faktor yang menentukan tinggi tsunami, tergantung pada sumber pembangkitnya.

"Jika longsor di bawah laut atau danau, maka volume dan kecepatan longsor mejadi faktor utama penentu ketinggian tsunami," ujar dia.

Jika sumber pembangkit berasal dari aktivitas gempa tektonik, maka tinggi tsunami bergantung pada besarnya kekuatan gempa.

Baca Juga: Mengenang 15 Tahun Tsunami Aceh, Jasad Tidak Bertemu Rumahpun Tak Kunjung Dapat

Risiko tsunami danau di Indonesia

Widjo mengingatkan, di Indonesia ada banyak danau yang terbentuk dari proses vulkanik dan tektonik seperti Gunung Ijen.

Di antaranya ada Dana Tandano, Segara Anakan, Kalimutu, Danau Toba, Danau Tolire, Danau Poso, Danau Singkarak, Danau Towuti, Danau Matano, dan sebagainya.

"Sebagian yang disebutkan itu (di atas) masih berproses secara alami dan berpotensi terjadinya tsunami danau," ungkap Widjo.

Oleh karena itu untuk menghindari bencana tsunami seperti di Danau Kawah Gunung Ijen tidak terulang, kata Widjo, Pemerintah Daerah atau Badan Bencana Daerah (BPBD) perlu mengidentifikasi dan mengkaji potensi bahaya dan melakukan langkah mitigasi ke depan.

Kajian-kajian berupa sejarah proses geologi terbentuknya danau, aktivitas saat ini, sensor muka air laut dan sistem peringatan dini, dan kajian model (komputer-laboratorium) diperlukan untuk mengetahui tingkat ancaman dan susun tata ruang atau batas daerah bahaya.

"Setiap pemanfaatan Danau (wisata dan pembangunan lainnya), mesti memenuhi tata ruang berbasis kajian risiko bencana di atas," tegas Widjo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahli Pastikan Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen adalah Tsunami"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya