Follow Us

Nadiem Makarim Jelaskan Belajar Mengajar Jarak Jauh Akan Dilakukan Permanen Meski Covid-19 Usai

Nabila N C, None - Sabtu, 04 Juli 2020 | 16:00
Nadiem Makarim
Kompas.com

Nadiem Makarim

GridHype.ID - AKhir-akhir ini, Nadiem Makarim mengungkapkan soal metode pembelajaran jarak jauh yang menurutnya bisa jadi akan permanen.

Apalagi selama wabah covid-19 ini, sekolah memang memberlakukan belajar jarak jauh.

Hal ini berdasarkan penilaian dari Kemendikbud yang mengatakan proses KBM dengan memanfaatkan teknologi ini bisa jadi akan permanen.

"Pembelajaran jarak jauh, ini akan menjadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model. Adaptasi teknologi itu pasti tidak akan kembali lagi," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis, (03/07).

Baca Juga: Kista Jadi Momok bagi Banyak Perempuan, Segera Kurangi Konsumsi 4 Makanan Enak yang Kerap Kita Jumpai Ini agar Terhidar

Pengamat pendidikan Doni Koesoema menilai, maksud pernyataan Nadiem adalah pembelajaran jarak jauh sebagai bagian dari proses pembelajaran.

"Baik yang sifatnya penuh, maupun hybrid, model daring dan luring. Kalau untuk yang pembelajaran jarak jauh penuh, saya rasa belum siap," kata Doni, Jumat, (03/07).

Jika model pembelajaran jarak jauh tersebut diterapkan, lanjut Doni, hanya ada sebagian satuan pendidikan yang khusus untuk hal itu.

Menurut Doni, untuk model pembelajaran jarak jauh dan tatap muka atau blended learning, masih memungkinkan untuk dilaksanakan.

Baca Juga: Tes Kepribadian : Hal Pertama yang Kamu Lihat Akan Menguak Penyebab Kamu Masih Jomblo Sampai Hari Ini

"Kalau untuk pembelajaran jarak jauh permanen, saya rasa harus ada penelitiannya dulu. Karena saat ini pembelajaran jarak jauh masih mempersyaratkan pertemuan tatap muka dengan tutor, terutama di sekolah terbuka. Namun ini bukan kondisi ideal," ujar Doni.

Ia mengatakan, perlu kajian akademis yang berbasis riset untuk melihat tujuan dan sasarannya sebelum penerapan pembelajaran jarak jauh.

Source : Grid Star

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest