Follow Us

Jangan Khawatir WHO Ungkap Virus Corona Tak Bermutasi Jadi Bahaya, Begini Penjelasan Pakar

Nabila N C, None - Jumat, 05 Juni 2020 | 18:00
Ilustrasi virus corona.
kompas.com

Ilustrasi virus corona.

GridHype.ID - Melalui pernyataannya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta agar masyarakat tak perlu khawatir virus corona bermutasi menjadi lebih berbahaya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa virus corona hingga kini masih menjadi momok di seluruh dunia.

Terlebih, banyak kabar yang menyebut jika virus corona akan bermutasi.

Dilansir dari Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menekankan, virus corona tidak akan bermutasi menjadi lebih berbahaya seperti yang dikhawatirkan sejumlah kalangan.

Baca Juga: Salah Kaprah! Mencampurkan Alpukat dengan Susu dan Gula Justru Berbahaya

Pakar epidemiologi penyakit menular, Dr Maria Van Kerkhove, dalam konferensi pers menerangkan bahwa ilmuwan seluruh dunia telah meneliti virus itu.

Van Kerkhove menjelaskan, diketahui virus corona tidak akan bermutasi menjadi sesuatu yang lebih berbahaya, seperti yang ditakutkan sejumlah pakar kesehatan.

"Ada perubahan normal pada virus ini yang bisa diprediksi dari waktu ke waktu," kata Van Kerkhove, seperti diberitakan New York Post, Rabu (3/6/2020).

Pejabat WHO itu merujuk pada mutasi asam ribonukleat, atau RNA virus, yang bisa ditemui pada keluarga coronavirus lainnya, seperti flu.

Baca Juga: Jadi Zona Hitam bahkan Dibayangi Jadi Wuhan Kedua, Walikota Risma Rela Lakukan Hal Ini Setiap Jam 12 Malam, Ritual Apa?

"Sejauh ini, tidak ada indikasi bahwa mutasi itu bisa memberikan dampak dalam hal kemampuannya untuk menularkan atau menyebabkan sakit yang lebih parah," jelasnya.

Penyakit dengan nama resmi Covid-19 itu kini sudah melumpuhkan dunia, dan bergerak ke negara miskin seperti Brasil dan Meksiko, setelah sebelumnya menghantam AS.

Source : Grid Hits

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest