Follow Us

Mencegah Virus Corona: Jangan Menyentuh Wajah di Bagian Zona T Berikut ini dengan Tangan

None - Kamis, 05 Maret 2020 | 07:00
ilustrasi menyentuh wajah
iStcok

ilustrasi menyentuh wajah

Gridhype.id– Setelah presiden Joko Widodo mengumumkan kasus dua WNI yang terjangkit corona, peringatan pencegahan akan virus mematikan inipun semakin gencar digaungkan.

Antara lain mencuci tangan dengan benar dan menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker terutama jika sedang sakit, juga menjaga imunitas tubuh.

Namun, upaya yang kerap terlupakan adalah untuk tidak menyentuh seluruh bagian wajah ketika sedang berada di ruang publik, atau ketika belum mencuci tangan.

Baca Juga: Warganya Banyak yang Pulih dari Corona, Begini Cara China Kembangkan Perawatan Efektif Bagi Pasien Covid-19

Hal yang kerap terjadi adalah kita mengenakan masker saat berada di ruang publik, namun masker tersebut tidak rapat.

Tangan kita menyentuh fasilitas umum, kemudian menggosok bagian wajah.

Virus SARS-CoV-2 ditularkan lewat droplets (dahak), sehingga jika dahak tersebut menempel di fasilitas umum, kita dengan tidak sengaja ‘memindahkan’ virus tersebut ke wajah.

Padahal, World Health Organization (WHO) serta Center for Disease Control and Prevention menghimbau masyarakat untuk mencuci tangan dan jangan menyentuh bagian wajah.

Baca Juga: Tidak Sembarangan Mencuci Tangan dengan Air Saja, Bergini Cara Mencuci Tangan yang Benar Untuk Mencegah Virus Corona

Ini adalah himbauan yang sangat sederhana, namun rupanya paling sulit dilakukan.

“Menyentuh bagian wajah, entah itu mengucek mata atau menggosok hidung, adalah kebiasaan yang dilakukan sejak lama. Ini kebiasaan yag sulit dihilangkan, karena kamu melakukannya secara tidak sadar,” tutur William Sawyer, dokter yang merupakan founder Henry and Hand, seperti dikutip dari Washington Post, Kamis (5/3/2020).

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest