Follow Us

Tips Kesehatan, 3 Rempah-rempah Ini Ternyata Ampuh Obati Penyakit Asam Urat

Grid., Helna Estalansa - Selasa, 06 Juni 2023 | 12:15
Ilustrasi rempah-rempah
Frreepik/user22978605

Ilustrasi rempah-rempah

GridHype.ID - Tips kesehatan kali ini akan membahas cara alami menurunkan kadar asam urat.

Ya, tips kesehatan ini akan memanfaatkan sederet rempah-rempah yang ampuh turunkan kadar asam urat.

Yuk simak tips kesehatan ini sampai selesai!

Kondisi asam urat sering kali dianggap sebagai penyakit yang hanya menimpa orang yang sudah tua atau lanjut usia, padahal kenyataannya kondisi ini bisa juga dialami oleh anak muda sekalipun.

Dalam program Kamusehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menyebtukan bahwa asam urat bisa diatasi bukan hanya dengan makanan tertentu, tetapi juga dengan rempah-rempahan.

Pihaknya menyebutkan setidaknya ada tiga jenis rempah yang bisa membantu mengeluarkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh.

“Rempah seperti jahe, kunyit, dan seledri, itu bisa membantu mengeluarkan asam urat,” ungkap dr. Santi menegaskan.

Konsumsinya pun bisa beragam, bisa seperti pada umumnya yaitu menjadi campuran dalam makanan tertentu, atau bisa dikonsumsi sendiri.

“Mau diseduh saja boleh, mau dibikin dicampur ke dalam masakan boleh, kalau seledri mau dijadikan lalapan juga boleh. Jadi terserah karena bentuknya makanan kita sehari-hari yang umum dikonsumsi,” sambungnya.

Sebelumnya, dr. Santi juga menyebutkan salah satu kandungan yang bisa menurunkan asam urat dalam vitamin C yang biasanya didapatkan dalam buah dan sayur.

Sehingga mencampurkan jahe dan kunyit di dalam sebuah minuman yang kemudian ditetesi dengan lemon yang kaya akan vitamin C juga bisa mengeluarkan kadar asam urat berlebih dari dalam tubuh.

“Kalau mau meningkatkan efeknya, jahe sama kunyit dicampur dibikin minuman, kemudian tambahin lemon. Jadi ada tambahan vitamin C-nya, jadi pengeluarannya menjadi semakin cepat,” jelas dr. Santi.

Source : Sonora.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular