Follow Us

Aneka Tips Kesehatan, 4 Makanan Sehat Ini Mampu Perlambat Penuaan Otak

None - Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:30
Makanan yang memperkuat daya ingat
(Shutterstock/Poberezhna)

Makanan yang memperkuat daya ingat

GridHype.ID - Menjaga kesehatan fisik maupun mental sangat perlu kita lakukan agar tubuh tetap fit dan akan dibahas di aneka tips kesehatan.

Lewat aneka tips kesehatan, kita bisa mengenal hal apa saja yang mampu memperlambat penuaan otak.

Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan dan kemampuan otak kita pun akan berubah.

Selama tahun-tahun terakhir kehidupan, kita lebih mungkin mengalami pergeseran dalam kognisi yang memengaruhi penalaran, perencanaan, dan keterampilan pemecahan masalah, serta daya ingat dan kemampuan untuk memahami konsep-konsep yang kompleks.

Meskipun sedikit perubahan kognitif secara umum dianggap sebagai aspek normal dari penuaan, namun beberapa orang bisa mengalami penurunan kognitif lebih serius terkait usia.

Tetapi, baik itu perubahan ringan atau besar seiring dengan bertambahnya usia, makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata memainkan peran besar dalam membantu memperlambat dampak penuaan pada otak.

Makanan sehat untuk otak Nah, untuk mengetahui makanan sehat bagi otak yang sering direkomendasikannya kepada pasiennya, seorang ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center, Dr Kiran F. Rajneesh, pun membagikan daftarnya sebagai berikut.

Ikan

Jika kita adalah seorang pencinta makanan laut atau seafood yang ingin fokus untuk memperkuat kesehatan otak, memasukkan lebih banyak ikan ke dalam diet — terutama ikan yang mengandung omega-3 — sangatlah bermanfaat.

"Dua porsi ikan per minggu sangat bagus untuk kesehatan otak karena asam lemak omega sangat membantu dalam membangun kembali myelin, [atau dikenal sebagai] isolasi di sekitar otak," kata Dr Rajneesh.

Faktanya, satu laporan tahun 2020 di Frontiers in Aging Neuroscience menemukan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat dari waktu ke waktu dan kognisi keseluruhan pada individu yang sehat.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Gak Nyangka Bisa Pangkas Berat Badan Berlebih, Buruan Ganti Diet Telur ke Makanan Murah Meriah Ini

Halaman Selanjutnya

2. Kacang-kacangan
1 2 3

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Latest