Follow Us

Aneka Tips Kesehatan, 5 Cara Atasi Badan Mudah Lelah dan Mengantuk, Simpel Banget Loh!

None - Kamis, 13 Oktober 2022 | 06:30
Mengantuk dan mudah lelah
Kha Ruxury

Mengantuk dan mudah lelah

GridHype.ID - Seringkali badan mudah lelah dan mengantuk tanpa sebab, sehingga aneka tips kesehatan kali ini bisa jadi solusinya. Lewat aneka tips kesehatan, ada cara mudah untuk mengatasi badan mudah lelah dan mengantuk. Sehingga tak ada lagi alasan badan mudah lelah dan mengantuk yang merusak aktivitas, semuanya bisa diatasi lewat aneka tips kesehatan. Pasalnya, badan cepat lelah dan mudah mengantuk meerupakan salah satu keluhan umum dari banyak orang. Kondisi ini bukanlah masalah medis yang serius, tetapi sering membuat aktivitas terganggu. Dilansir dari Healthline lewat kompas.com, menyebutkan beberapa penyebab badan cepat lelah dan mudah mengantuk, seperti: Kelelahan fisik

Kurang aktivitas fisik Kurang tidur

Kelebihan berat badan atau obesitas Menstruasi atau stres

Kebosanan Sedih

Konsumsi obat tertentu, seperti antidepresan atau obat penenang

Konsumsi alkohol Konsumsi obat-obatan terlarang

Konsumsi kafein berlebihan Kurang nutrisi Selain beberapa penyebab di atas, ada jenis-jenis penyakit tertentu yang juga bisa membuat badan terasa cepat lelah dan mudah mengantuk.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Selama ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Seseorang dengan Kondisi ini Dilarang Makan Buah Belimbing

Kondisi ini bisa diatasi dengan cara berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab utama dari kelelahan yang dialami. Namun jangan khawatir, NHS merekomendasikan cara mengatasi badan cepat lelah dan mudah mengantuk yang bisa dilakukan sendiri berikut ini.

1. Makan Teratur

Makan secara teratur bisa memberikan energi tambahan pada tubuh. Lebih baik juga untuk makan makanan dan camilan sehat setiap 3 atau 4 jam sekali dengan porsi kecil daripada dengan porsi besar. 2. Lakukan Aktivitas Fisik Meskipun badan terasa lelah dan mengantuk, olahraga tetap disarankan untuk memberikan energi tambahan. Olahraga yang dilakukan tidak selalu harus olahraga yang berat karena hanya dengan berjalan kaki selama 15 menit bisa memberikan tambahan energi. Olahraga disarankan untuk dilakukan setidaknya selama dua setengah jam per minggu dengan intensitas rendah hingga sedang.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Biar Nggak Syok Lihat Tagihan Listrik Tiap Bulan, Simak Cara Mudah Penggunaan AIr Jadi Irit

3. Mengurangi berat badan Berat badan berlebih bisa menambah rasa lelah dan kurang baik untuk kesehatan jantung. Mengurangi berat badan bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk membuat badan lebih sehat dan berenergi. 4. Cukup tidur Kurang tidur bisa membuat seseorang tidak bisa berkonsentrasi dengan baik di siang hari. Untuk itu, disarankan untuk memiliki jam tidur yang konsisten dan menghindari tidur siang. Dengan begitu, waktu tidur di malam hari akan lebih berkualitas dan tidak terganggu.

5. Menghindari Penyebab Stres Merasa stres bisa menguras energi. Menghindari penyebab stres dan melakukan kegiatan yang disenangi bisa meningkatkan energi tubuh, seperti mendengarkan musik atau berbincang dengan teman.

Baca Juga: Sebelum Heboh Isu Selingkuh, Reza Arap Pernah Gugat Cerai Wendy Walters, Batal Pisah karena Hal Ini

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Latest