Follow Us

Aneka Tips Kesehatan, WASPADA Terlalu Sering Tidur Siang Bisa Mengundang Penyakit Berbahaya Ini, Ketahui Durasi yang Baik agar Bermanfaat Bagi Tubuh

Dwi Purworahayu - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:45
Durasi tidur siang yang baik
Pexels/Andrea Piacquadio

Durasi tidur siang yang baik

GridHype.ID - Aneka tips kesehatan ini jangan sampai terlewat karena efeknya bisa fatal banget buat tubuh.

Aneka tips kesehatan kali ini akan membahas soal kebiasaan tidur siang yang kadang dilewatkan begitu saja bagi sebagian orang.

Pasalnya ada aneka tips kesehatan yang perlu diketahui agar tidur siang Anda tidak mengundang petaka untuk tubuh.

Sebab mengutip Kompas.com, lamanya waktu tidur siang dapat memengaruhi kualitas istirahat di tengah hari.

Apabila terlalu singkat dan kelewat lama, orang yang baru tidur siang akan mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala.

Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkap adanya bahaya buruk yang mengancam seseorang jika terlalu sering atau telalu lama tidur siang.

Mengutip GridHealth.ID, ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Hypertension, bagian dari The Journal of American Heart Association (AHA).

Penelitian tersebut mengungkap bahwa orang yang sering tidur siang memiliki peluang 12% lebih tinggi mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) dan 24% lebih tinggi terkena stroke daripada orang yang tidak pernah atau jarang tidur siang.

Para peneliti di Cina mempelajari informasi dari UK Biobank, database biomedis yang berisi informasi genetik, gaya hidup, dan kesehatan dari setengah juta orang berusia antara 40 dan 69 tahun yang tinggal di Inggris, kata AHA dalam rilis berita.

Tidur siang sebenarnya tidak berbahaya, tetapi mungkin mengindikasikan orang tidak cukup tidur di malam hari, kata seorang ahli tidur yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut dalam rilis berita.

"Kurang tidur di malam hari dikaitkan dengan kesehatan yang lebih buruk, dan tidur siang tidak cukup untuk menebusnya," kata Michael Grandner, direktur Klinik Pengobatan Tidur Perilaku di Banner-University Medical Center di Tucson, Arizona.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Ibu-ibu Satu Indonesia Wajib Tahu, Ternyata Cara Sederhana Ini Ampuh Bikin Pemakaian Gas Elpiji Makin Hemat

Source : Kompas.com, GridHealth.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular