Follow Us

Jadi Perhatian di Beberapa Negara di Dunia, Simak Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Sedang Mewabah, Begini Cara Pencegahannya

Dwi Purworahayu - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:15
Ramai dibicarakan, ketahui fakta-fakta penyakit cacar monyet yang mewabah di Eropa!
Pixabay

Ramai dibicarakan, ketahui fakta-fakta penyakit cacar monyet yang mewabah di Eropa!

GridHype.ID - Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat dibuat panik dengan munculnya penyakit hepatitis misterius yang mengancam nyawa.

Seiring dengan kabar tersebut, virus hendra yang bersumber dari binatang mendadak muncul mengintai kesehatan hingga jadi bahasan warga dunia.

Kini, penyakit yang sedang mewabah di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Portugal dan Spanyol juga menuai sorotan.

Ya, penyakit cacar monyet belakangan ini menjadi perhatian para ahli medis.

Melansir Nakita.ID, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox.

Kasus infeksi cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1958, saat itu terdapat dua wabah mirip cacar yang menginfeksi koloni monyet peliharaan untuk penelitian.

Sehingga peneliti kemudian menamai penyakit mirip cacar itu dengan sebutan monkeypox atau cacar monyet.

Kemudian pada tahun 1970, terjadi kasus infeksi cacar monyet pertama pada manusia di Republik Demokratik Kongo, dan kemudian menyebar di negara-negara Afrika.

Yuk, simak seperti apa metode penularan dan gejala dari penyakit cacar monyet.

Baca Juga: Jadi Perhatian Banyak Pihak, Berikut Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius, Terapkan Pola Hidup Sehat pada Anak

1. Metode Penularan

Mengutip dari laman WHO, hingga saat ini penyebab penyakir cacar monyet masih belum diketahui.

Source : Nakita.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest