Follow Us

Gak Perlu Khawatir Jika Punya Keturunan Diabetes, Mulai Sekarang Ganti Kebiasaan Makan Jadi Seperti Ini agar Terbebas dari Penyakit Mematikan

Dwi Purworahayu - Sabtu, 12 Februari 2022 | 16:30
Ilustrasi pola makan sehat
FREEPIK

Ilustrasi pola makan sehat

GridHype.ID - Diabetes masih menjadi momok mengerikan bagi banyak orang.

Terlebih lagi selama 2021, diabetes masih menduduki posisi teratas sebagai penyakit paling mematikan di dunia.

Melansir Kompas.com, Data International Diabetes Foundation mencatat sekitar 537 juta orang dewasa dari rentang usia 20-79 tahun hidup dengan diabetes.

Sementara itu, total orang yang menderita diabetes diproyeksikan meningkat menjadi 643 juta pada tahun 2030 dan 783 juta pada tahun 2045 mendatang.

Karena penyakit gula darah ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, tentu kita harus melakukan pencegahan sedini mungkin.

Misalnya dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, memperhatikan asupan karbohidrat dan gula, termasuk banyak bergerak.

Tapi, cara-cara di atas belum tentu efektif bagi orang-orang yang punya riwayat keturunan diabetes.

Seperti yang diketahui, secara umum diabetes dibedakan menjadi dua jenis.

Yaitu diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh faktor genetik dan tipe 2 yang disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Baca Juga: Dikira Nggak Masalah Malah Datangkan Petaka, Siapa Sangka 3 Kondisi Tubuh ini Dilarang Makan Roti Tawar Kalau Masih Sayang Nyawa

Mengutip Alodokter.com, diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh.

Source : Kompas.com, Alodokter.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest