Follow Us

Seisi Rumah Bakal Loncat Kegirangan, Siapa Sangka Camilan Murah Meriah Ini Ramah Penderita Diabetes, Efeknya di Luar Dugaan

Dwi Purworahayu - Senin, 24 Januari 2022 | 12:15
Ilustrasi diabetes
dok. via Kompas

Ilustrasi diabetes

GridHype.ID - Diabetes masih menjadi momok mengerikan bagi banyak orang.

Pasalnya, diabetes yang tak dirawat dengan tepat bisa berakibat fatal hingga mengancam nyawa penderitanya.

Seperti yang diketahui, diabetes adalah kondisi kesehatan kronis (tahan lama) yang memengaruhi cara tubuh seseorang mengubah makanan menjadi energi.

Ada 3 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Melansir HelloSehat.com, diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kerusakan sel-sel yang memproduksi hormon insulin di dalam pankreas.

Akibatnya, tubuh kekurangan insulin. Kurangnya produksi insulin dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Diabetes tipe 2 adalah tipe penyakit gula yang paling banyak terjadi. Kondisi lebih sering terjadi pada orang dewasa, terutama yang berumur di atas 30 tahun.

Kondisi ini biasanya terjadi karena kemampuan produksi insulin yang melemah atau berkurangnya kemampuan tubuh dalam merespons insulin.

Sementara diabetes gestational adalah penyakit kencing manis yang hanya terjadi pada wanita hamil dan dapat menyebabkan masalah pada ibu maupun bayinya jika tidak diobati.

Baca Juga: Berkaca dari Presenter Dunia Lain yang Terkena Stroke 3 Kali, Mulai Sekarang Lakukan Kebiasaan Sepele Ini Kalau Mau Hidup Panjang Umur

Jika ditangani cepat dengan baik, penyakit gula ini biasanya sembuh total setelah melahirkan.

Mengutip Kompas.com dari Medical News Today, penderita diabetes perlu memastikan kadar gula darah tidak naik terlalu cepat dan terlalu jauh.

Source : Kompas.com, Hellosehat.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest