Follow Us

Masyarakat Indonesia Wajib Tahu! Cegah Virus Covid-19 Varian Omicron Masuk Tanah Air, Indonesia Tutup Gerbang Kedatangan untuk 14 Negara Ini

Ruhil Yumna - Minggu, 09 Januari 2022 | 08:45
Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) hingga kini sumbang jumlah tertinggi kasus Omicron di Indonesia

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) hingga kini sumbang jumlah tertinggi kasus Omicron di Indonesia

GridHype.ID - Varian Covid-19 Omicron terus menyebar ke berbagai tempat.

Pemerintah Indonesia kian tingkatkan kewaspadaannya untuk mencegah penyebarannya.

Berbagai kebijakanpun mulai diberlakukan demi upaya tersebut.

Mulai Jumat (7/12/2022), ada 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia.

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran ini ditandatangani oleh Letjen TNI Suharyanto selaku Ketua Satgas Covid-19 pada tanggal 4 Januari 2022.

Untuk diketahui, ketentuan perjalanan luar negeri pada masa pandemi ini akan berlaku efektif mulai besok, Jumat 7 Januari 2022.

Dalam aturan ini, bagi WNI pelaku perjalanan luar negeri diizinkan untuk memasuki Indonesia dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara bagi WNA dari 14 negara yang ditetapkan oleh pemerintah untuk sementara waktu dilarang memasuki wilayah Indonesia.

Baca Juga: Terpapar Covid-19 Varian Omicron Usai Berlibur di Turki, Ashanty Dituding Kepulangannya ke Tanah Air Hanya Sebarkan Virus

"Menutup sementara masuknya Warga Negara Asing (WNA), baik secara langsung maupun transit di negara asing, yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi dalam kurun waktu 14 hari dari negara/wilayah dengan kriteria sebagai berikut," bunyi SE kasatgas No 1 tahun 2022.

Source : Nakita

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest