Follow Us

Wapada Seisi Rumah Bisa Jadi Korbannya, Berhenti Beli Ikan Pindang dengan Ciri-ciri Ini, Bahaya yang Mengancam Tidak Main-Main

Dwi Purworahayu - Jumat, 17 Desember 2021 | 05:30
Jangan beli ikan pindang dengan ciri-ciri ini
Shopee.id

Jangan beli ikan pindang dengan ciri-ciri ini

GridHype.ID - Ikan pindang menjadi salah satu bahan makanan murah yang banyak diincar semua orang.

Selain mudah ditemukan di pasar, ikan pindang juga menyimpan kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan pindang yang identik dengan rasa asin ini memang telah dibumbui dulu sebelum dikukus dan kemudian dijual.

Sayang, kini banyak pedagang nakal yang justru membuat ikan nikmat satu ini jadi beracun.

Kok bisa ya? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Ikan Pindang yang Berbahaya

Dengan alasan murah, sebagian pedagang pun tak canggung menjual makanan yang sudah dicampur aneka bahan adiktif ke pasaran.

Nyatanya, meski sering disidak, petugas masih saja menemukan sampel makanan di pasar-pasar yang terbukti mengandung zat bahaya.

Mengutip SajianSedap.com, tim Jejaring Keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga kembali menemukan lima sampel makanan yang mengandung zat berbahaya di Pasar Karanganyar.

Lima sampel makanan ini yakni pindang, wajik klethik, mireng lidi, kerupuk chantir dan kerupuk chantir yang telah digoreng.

Baca Juga: Satu Indonesia Baru Tahu, Inilah Perbedaan Ikan Mujair Liar dengan Budidaya yang Ternyata Cukup Mengerikan bagi Kesehatan

“Satu yang ditemukan mengandung formalin yaitu pindang dan produk makanan yang lainnya mengandung rhodamin B yang digunakan sebagai pewarna tekstil,” kata Kasi Keamanan Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga, Suyono saat ditemui di sela-sela Monitoring Keamanan Pangan di Pasar Karanganyar, Kamis (25/4/2019).

Source : sajiansedap.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest