Follow Us

Sempat Jadi Negara Terbaik yang Berhasil Tangani Covid-19, Korea Selatan Kini Alami Hari Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Pandemi

Ngesti Sekar Dewi - Rabu, 15 Desember 2021 | 18:00
Illustrasi Pandemi covid-19
Pexels

Illustrasi Pandemi covid-19

GridHype.id- Sebagai negara paling baik dalam menanggulangi pandemi Covid-19, Korea Selatan kini mengalami hari paling mematikan sepanjang pandemi.

Tak henti-hentinya pasien berdatangan membanjiri rumah sakit.

Terlebih lagi, kasus delta menjadi penyumbang terbanyak hingga membuat orang-orang sekarat saat menunggu tempat tidur untuk menjalani perawatan.

Dilansir dari Kompas.com, pakar kesehatan bahkan telah memperingatkan jika sistem medis negara tersebut akan segera mendekati batas kemampuannya.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan mengatakan 94 pasien virus Covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir.

Sementara 906 kini dalam kondisi serius atau kritis, jumlah ini merupakan angka tertinggi selama pandemi Covid-19 yang menyerang Korea Selatan.

Kasus Covid-19 Korea Selatan pada Selasa (14/12/2021) melaporkan infeksi baru tertinggi dengan 5.567.

Padahal penghitungan harian biasanya lebih kecil pada awal minggu, karena lebih sedikit tes pada akhir pekan.

Baca Juga: Varian Baru Omicron Sudah Bayang-bayangi Dunia, Bill Gates Justru Prediksi Masa Akut Pandemi Covid-19 Berakhir di Tahun ini

Kondisi ini dinilai telah menunjukkan virus Covid-19 terus bertambah cepat setelah pemerintah sedikit melonggarkan aturan jarak sosial minggu lalu.

Park Hyang, seorang pejabat senior Kementerian Kesehatan, mengatakan sumber daya medis dengan cepat habis di ibukota padat penduduk Seoul dan daerah metropolitan terdekat.

Saat ini di wilayah itu sekitar 86 persen unit perawatan intensif yang ditunjuk untuk perawatan Covid-19 sudah ditempati.

Source : Kompas.com, CNN

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest