Follow Us

Bukan Isapan Jempol, Vaksin Booster untuk Masyarakat Umum Disebut akan Mulai Tahun Depan, Segini Kisaran Harga Menurut Menkes

Helna Estalansa - Kamis, 26 Agustus 2021 | 10:00
Ilustrasi vaksin virus corona
Freepik

Ilustrasi vaksin virus corona

GridHype.ID - Saat ini, pandemi virus corona atau Covid-19 masih menjadi momok mengerikan bagi seluruh warga di dunia, termasuk di Indonesia.

Karena pandemi masih mengintai, pemerintah pun akhirnya melaksanakan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia ini sudah berjalan sejak 13 Januari 2021 lalu, dan masih berlanjut sampai detik ini.

Dalam program ini, masyarakat akan mendapatkan 2 dosis vaksin Covid-19.

Namun, belum lama ini, muncul kabar yang mengatakan bahwa akan ada vaksin dosis ketiga atau bisa juga disebut sebagai vaksin booster.

Benarkah demikian? Mari kita simak ulasan lengkap berikut ini.

Dilansir Medical News Today via Kompas.com, vaksin booster atau penguat vaksin merupakan dosis vaksin tambahan yang bertujuan memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit karena efek dari beberapa vaksin yang dapat menurun seiring waktu.

Vaksin booster umum diberikan pada infeksi virus, seperti tetanus, difteri, dan pertusis (DTaP) yang membutuhkan booster setiap 10 tahun.

Pemberian vaksin booster akan membantu sistem kekebalan mengingat virus penyebab penyakit.

Jika tubuh kembali terpapar virus tersebut, antibodi dapat mengenali dan membunuhnya sebelum menyebabkan kerusakan.

Dilansir dari WebMD, penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin booster dapat melatih tubuh untuk mengenali bakteri atau virus dan mempertahankan diri.

Bergantung pada jenis vaksin dan produsennya, beberapa vaksin memerlukan booster berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun setelah suntikan pertamanya.

Source : Kompas.com, GridHealth.ID

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest