Follow Us

Pemerintah Bagi-bagi BLT Dana Desa ke 8 Juta Keluarga, Buruan Cek Daftar Penerimanya di Sini, Bantuan Sebesar Rp300 Ribu Bakal Cair 3 Bulan Sekaligus di Juli 2021

Dwi Purworahayu - Senin, 05 Juli 2021 | 13:45
Bansos PPKM Darurat
Kompas.com

Bansos PPKM Darurat

GridHype.ID - PPKM Darurat diberlakukan, pemerintah semakin gencar percepat penyaluran bantuan sosial (bansos), termasuk BLT Dana Desa.

Seperti yang diwartakan Kompas.com, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mempercepat penyaluran BLT Dana Desa sebagai tindak lanjut dari penerapan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Diketahui, masyarakat di desa akan mendapatkan BLT Dana Desa sebesar Rp 300 ribu tiap bulannya.

Baca Juga: Bantuan dari Pemerintah Dikebut Selama PPKM Darurat Berlangsung, Mulai dari Bansos Rp600 Ribu Hingga BLT UMKM

"Kami mempercepat penyaluran BLT desa, sebab ini juga sangat penting pada saat dilakukan PPKM Darurat terutama pada zona-zona merah," ujar Sri Mulyani dalam koferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Ia menjelaskan, pemerintah telah menganggarkan Rp 28,8 triliun untuk kebutuhan BLT Desa dengan target 8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Namun, hingga saat ini, realisasinya masih di bawah pagu anggaran.

Baca Juga: Bansos Tunai PPKM Darurat Cair Pekan Depan, Begini Cara Cek Penerima Bantuan Rp600 Ribu dari Kemensos

Sehingga masih ada kuota untuk menambah penerima BLT Dana Desa.

"Artinya di dalam dana desa itu masih ada anggaran yang sangat memadai, karena sampai bulan Juli ini baru 5 juta yang mendapatkan dan baru Rp 5 triliun yang dibelanjakan," ungkap Sri Mulyani.

Seiring dengan penambahan jumlah KPM itu, lanjut Sri Mulyani, pembayaran BLT Dana Desa juga akan dipercepat yakni bisa dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan ke depan.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest