Follow Us

Sebanyak 9,8 Juta Pelaku Usaha Mikro Jadi Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Bagaimana Denganmu? Segera Cek Daftar Penerimanya di Sini

Dwi Purworahayu - Selasa, 08 Juni 2021 | 12:30
Ilustrasi BLT UMKM Rp 1,2 juta
Tribunnews.com

Ilustrasi BLT UMKM Rp 1,2 juta

GridHype.ID - Pemerintah telah mengucurkan dana BLT UMKM sebanyak Rp 11,76 triliun untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro di Indonesia.

Masing-masing penerima BLT UMKM 2021 diketahui akan menerima bantuan sebesar Rp1,2 juta.

Tak hanya itu, melansir kompas.com, pemerintah bahkan kembali mengusulkan penambahan calon penerima Program Banpres BPUM atau BLT UMKM sebanyak 3 juta penerima.

Baca Juga: Masih Bisa Lakukan Pengajuan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2, Simak Panduan Lengkap Daftar Program Banpres BPUM 2021

Namun demikian anggaran untuk penyaluran tersebut masih menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan.

“Jadi tahap kedua ini yang kita rencanakan itu 3 juta (penerima). Namun, ini sedang menunggu kepastian anggaran dari Kementerian Keuangan,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Eddy Satriya secara virtual, Senin (7/6/2021).

Eddy mengatakan, total anggaran yang direncanakan sebelumnya adalah Rp 15,36 triliun.

Baca Juga: Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Mikro Lewat Penyaluran BLT UMKM Rp1,2 Juta, Begini Cara Pencairan Dana Program Banpres BPUM 2021

Tahap pertama disalurkan Rp 11,76 triliun dan tahap kedua dialokasikan sebanyak Rp 3,6 triliun.

“Ditambah Rp 3,6 triliun, asumsi pada waktu itu adalah 3 juta tambahan penerima. Karena ini memang rencana awal atau berapapun anggaran yang memang nanti tersedia untuk melanjutkan BPUM ini,” ungkap Eddy.

Mengutip Tribunnews.com, pemerintah telah bekerja sama dengan bank Himbara untuk mempermudah proses penyaluran BLT UMKM Rp1,2 juta itu.

Sementara untuk pengecekan penerima BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 juta dapat dilakukan secara online.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest