Follow Us

Pemerintah Buka Kuota untuk 3 Juta Penerima BLT UMKM Tahap 2, Pencairan Dana Bantuannya Masih Tunggu Persetujuan Kemenkeu

Dwi Purworahayu - Selasa, 08 Juni 2021 | 12:30
Ilustrasi. BLT UMKM Rp 1,2 juta
Kompas.com

Ilustrasi. BLT UMKM Rp 1,2 juta

GridHype.ID - Lanjut pendaftaran Program Banpres BPUM alias BLT UMKM tahap kedua, pemerintah membuka kuota sebanyak 3 juta untuk para pelaku usaha mikro di Indonesia.

Nantinya, pelaku usaha mikro akan mendapat BLT UMKM sebesar Rp 1,2 juta untuk tambahan modal mereka.

Melansir Kompas.com, rupanya anggaran untuk penyaluran BLT UMKM Rp 1,2 juta masih menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Masih Bisa Lakukan Pengajuan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2, Simak Panduan Lengkap Daftar Program Banpres BPUM 2021

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Eddy Satriya secara virtual pada Senin (7/6/2021).

“Jadi tahap kedua ini yang kita rencanakan itu 3 juta (penerima). Namun, ini sedang menunggu kepastian anggaran dari Kementerian Keuangan,” kata Eddy.

Ia mengatakan, total anggaran yang direncanakan sebelumnya adalah Rp 15,36 triliun.

Baca Juga: Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Mikro Lewat Penyaluran BLT UMKM Rp1,2 Juta, Begini Cara Pencairan Dana Program Banpres BPUM 2021

Dengan rincian tahap pertama telah disalurkan sebanyak Rp 11,76 triliun.

Sementara anggaran saat ini yang dibutuhkan untuk mengalokasikan BLT UMKM kepada 3 juta penerima yakni Rp 3,6 triliun.

“Ditambah Rp 3,6 triliun, asumsi pada waktu itu adalah 3 juta tambahan penerima. Karena ini memang rencana awal atau berapapun anggaran yang memang nanti tersedia untuk melanjutkan BPUM ini,” ungkap Eddy.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest