Follow Us

Uji Coba Panjangkan Umur Tikus Diklaim Berhasil, Ilmuwan Israel Rencanakan untuk Diterapkan pada Manusia

Ruhil Yumna - Senin, 07 Juni 2021 | 15:30
Ilmuwan (ilustrasi)
pixabay.com

Ilmuwan (ilustrasi)

GridHype.ID - Sebuah tim ilmuwan Israel menyatakan jika mereka telah berhasil memperpanjang usia tikus hingga 23 persen.

Tim ilmuwan ini kemudian menyampaikan harapannya agar metode ini bisa diterapkan pada manusia.

Apabila metode ini aman untuk manusia, maka usia harapan hidup bisa diperpanjang hingga rata-rata 120 tahun.

Baca Juga: Keberadaannya Jadi Misteri, Para Ilmuwan Buru Wanita China yang Diduga Kuat sebagai Pasien Nol Covid-19

Perpanjangan usia ini dilakukan dengan meningkatkan pasok protesin SIRT6 -- yang biasanya berkurang seiring dengan bertambahnya usia -- pada 250 tikus.

Dalam artikel di jurnal ilmiah Nature Communications, para saintis mengungkapkan, selain umur yang makin panjang, tikus-tikus tersebut juga lebih awet muda dan makin tidak mudah terkena penyakit kanker.

"Perubahan usia harapan hidup ini signifikan ... dalam konteks manusia, maka usia harapan hidup kita bisa diperpanjang rata-rata hingga hampir 120 tahun," kata Profesor Haim Cohen dari Universitas Bar-Ilan, Tel Aviv, dalam wawancara dengan surat kabar The Times of Israel.

"Perubahan yang kami saksikan pada tikus bisa diterapkan pada manusia.

Dan jika memang demikian keadaannya, itu sungguh sangat menggembirakan," katanya.

Cohen dan timnya sekarang mencoba mengidentifikasi obat untuk meningkatkan ketersediaan protein SIRT6 secara aman pada manusia.

Baca Juga: Pertimbangkan Lagi untuk Bawa Handphone ke Kamar Mandi, Peneliti Ungkap Hal Berbahaya, Sebut Bakteri dan Virus Ini Bakal Intai Kesehatanmu

Para saintis mengatakan, tingkat SIRT6 menurun seiring dengan bertambahnya umur, dan banyak yang mencoba hipotesis bahwa mendorong produksi protein ini mungkin akan sangat bermanfaat.

Source : Kompas