Follow Us

Bentrok Israel dan Palestina yang Berkepanjangan, Ini Alasan Kenapa Kawasan Sheikh Jarrah Jadi Rebutan?

Ruhil Yumna - Kamis, 13 Mei 2021 | 07:45
Palestina kembali diserang Israel, pasukan keamanan Israel mengerahkan senjata mengepung Masjid Al-Aqsa. siapa sangka banyak warga India mendukung mereka
AFP

Palestina kembali diserang Israel, pasukan keamanan Israel mengerahkan senjata mengepung Masjid Al-Aqsa. siapa sangka banyak warga India mendukung mereka

GridHype.ID - Beberapa waktu lalu, bentrokan berdarah terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Jumat malam waktu setempat (7/5/2021).

Bentrokan itu meletus usai polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah para warga Palestina yang bersenjatakan batu.

Insiden ini erat kaitannya dengan ancaman pengusiran atas warga Palestina dari wilayah mereka yang diklaim oleh para pemukim Yahudi.

Baca Juga: 100 Tahun Lamanya Berkonflik, Fakta di Balik Sengketa Palestina-Israel yang Tak Kunjung Usai

Sedikitnya 205 warga Palestina dan 17 aparat keamanan Israel luka-luka akibat bentrokan, ungkap kantor berita Reuters merujuk laporan dari kedua pihak.

Ketegangan kembali muncul di Yerusalem dan wilayah pendudukan

Tepi Barat selama bulan suci Ramadhan setelah beberapa kali bentrokan terjadi pada malam hari di Sheikh Jarrah - wilayah di mana banyak keluarga Palestina menghadapi pengusiran setelah sekian lama bersengketa secara hukum.

Seruan untuk menahan diri bagi kedua pihak telah dilontarkan Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa Bangsa, sementara Uni Eropa dan Jordania menyatakan keprihatinan atas situasi yang memanas terkait ancaman pengusiran atas warga Palestina.

Mengapa konflik bisa pecah lagi?

Puluhan ribu warga Palestina berdatangan ke Masjid Al-Aqsa, yang merupakan salah satu tempat suci bagi umat Muslim, untuk shalat Jumat.

Ini merupakan Jumat terakhir di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest