Follow Us

Penelitian Sebut Tingkat Kematian COVID-19 Lebih Tinggi di Negara-negara dengan Populasi Penduduknya yang Sebagian Besar Alami Obesitas

Dwi Purworahayu - Rabu, 10 Maret 2021 | 09:30
Obesitas.
https://www.healthline.com/

Obesitas.

GridHype.ID - Penyebab kematian akibat Covid-19 bisa dari berbagai faktor, salah satunya kelebihan berat badan.

Melansir dari healthline.com, risiko kematian akibat COVID-19 kira-kira 10 kali lebih tinggi di negara-negara di mana sebagian besar penduduknya kelebihan berat badan, menurut laporan yang dirilis oleh World Obesity Forum.

Peneliti menganalisis data kematian dari Universitas Johns Hopkins dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Sebanyak 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia, Simak Tahapan dan Jadwal Vaksinasi yang Dilakukan Pemerintah

Mereka melaporkan bahwa dari 2,5 juta kematian akibat COVID-19 yang dilaporkan pada akhir Februari, 2,2 juta terjadi di negara-negara di mana lebih dari setengah populasinya mengalami kelebihan berat badan.

“Kami sekarang tahu bahwa populasi yang kelebihan berat badan adalah pandemi berikutnya yang menunggu untuk terjadi,” kata Tim Lobstein, PhD, penulis studi dan penasihat kebijakan senior untuk Federasi Obesitas Dunia, kepada Independent.

"Lihat negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan di mana mereka memiliki tingkat kematian COVID-19 yang sangat rendah serta tingkat obesitas orang dewasa yang sangat rendah," katanya.

Baca Juga: Mengapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan pada Lengan Bagian Atas? Begini Penjelasannya

Di sisi lain, lima negara bagian Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa mereka mengembalikan perintah penggunaan masker.

Hal ini terjadi karena pemerintah mereka menyebut tindakan menggunakan masker tidak lagi diperlukan.

Sedangkan, Texas kembali memerintahkan penduduknya untuk menggunakan masker.

Source : healthline.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest