Follow Us

Angka Infeksi Covid-19 Global Sudah Lebih dari 19 Juta, Dunia Justru Dihantui Virus Baru Asal China bernama Tick Borne

Nabila N C, None - Sabtu, 08 Agustus 2020 | 12:00
Ilustrasi virus corona
kompas.com

Ilustrasi virus corona

GridHype.ID - Hingga hari ini angka infeksi virus corona masih saja mengalami peningkatan.

Melansir dari Worldometers, angka kasus di dunia sendiri hingga Jumat (7/8/2020) pagi, tercatat mencapai 19.223.471 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 716.280 orang meninggal dunia, dan 12.337.543 orang sembuh.

Seolah virus corona belum usai, dunia tiba-tiba dikejutkan dengan kemunculan virus baru di China yang disebabkan oleh gigitan kutu dan menular dari orang ke orang.

Baca Juga: Uji Coba Fase 1 Vaksin Buatan Amerika Serikat Tunjukkan Hasil Baik, Buat Pemulihan Pasien Jauh Lebih Cepat

Seperti dikabarkan Global Times, Kamis (6/8/2020), sebanyak 37 orang di Provinsi Jiangsu, China timur, didagnosis dengan Severe Fever with Thrombocytopenia Syndrome (SFTS), atau demam parah pada tahun ini.

Gejala penyakit ini disebabkan oleh virus baru (novel bunya virus) yang disebabkan oleh tick atau kutu, yang kemudian dikenal sebagai salah satu penyakit yang dibawa oleh virus tick borne.

Lantas apa itu virus tick borne?

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan di Science Direct, Jumat (7/8/2020), infeksi virus ini didiagnosis dengan SFTS, yang mana pasien ditandai dengan sindrom demam akut dengan suhu di atas 38 derajat Celsius.

Baca Juga: Dokter Reisa Broto Asmoro Sebut Jika Kolam Renang Sudah Bisa Dibuka Kembali, Simak 4 Tips Aman Berenang Ditengah Pandemi Covid-19

Selain itu, trombositopenia dan leukopenia kurang dari normal, khususnya yang berhubungan dengan riwayat gigitan kutu di daerah endemik.

Demam parah dengan sindrom trombositopenia atau SFTS ini juga ditemukan pada tahun 2009 di China tengah.

Source : Intisari Online

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest