Follow Us

Swedia Adopsi Langkah Lebih Santai Kendalikan Virus Corona dengan Praktikkan Herd Immunity, Padahal Sudah Diperingatkan WHO

Nabila N C, None - Jumat, 29 Mei 2020 | 07:00
Terapkan herd immunity hadapi Covid-19, Swedia masih jauh dari target  jumlah penduduk yang kebal virus.
wowkeren.com

Terapkan herd immunity hadapi Covid-19, Swedia masih jauh dari target jumlah penduduk yang kebal virus.

GridHype.ID - Hampir setiap negara di dunia tengah berperang melawan virus corona.

Maka hal ini juga berpengaruh pada kebijakan yang dilakukan negara tersebut untuk mengatasi penyebaran virus ini agar tidak meluas.

Ada yang menerapkan lockdown, penutupan sebagian wilayah seperti PSBB di Indonesia, ada juga yang langsung menerapkan herd immunity.

Artikel yang diterbitkan MIT Technology Review menyatakan pada dasarnya ada tiga cara untuk menghentikan penyakit Covid-19 untuk selamanya.

Baca Juga: Berniat Kawin Lari Bersama dengan Pria 35 Tahun, Remaja Ini Berakhir Dibunuh oleh Ayahnya Sendiri Secara Brutal

Salah satunya melibatkan pembatasan luar biasa pada pergerakan yang kini dikenal lockdown, serta pengujian agresif, untuk menghentikan transmisi sepenuhnya.

Namun, ini sulit mengingat virus corona sekarang telah mewabah ke 100 lebih negara.

Yang kedua adalah vaksin yang bisa melindungi semua orang, tetapi vaksin masih perlu dikembangkan dan kita hanya boleh berharap karena tampaknya masih lama.

Yang ketiga berpotensi efektif tetapi mengerikan untuk dipertimbangkan, yakni membiarkan orang tertular sampai mendapatkan kekebalan virus.

Jika virus terus menyebar, pada akhirnya banyak orang yang akan terinfeksi dan (jika mereka bertahan hidup) menjadi kebal sehingga wabah akan hilang dengan sendirinya, karena kuman menemukan semakin sulit untuk menemukan inang yang rentan. Fenomena ini dikenal sebagai "herd immunity".

Baca Juga: Terlanjur Gendut Akibat Lebaran? Yuk Ikuti 9 Tips Mengecilkan Perut dan Paha Ala Sabrina Chairunnisa Cuma 10 Menit Saja!

Swedia salah satunya, adalah negara yang terang-terangan mengambil pendekatan herd immunity.

Source : Intisari Online

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest